Asma dan tekanan darah

RH Info Penanya: RH, Pria, 24 Tahun
Selamat pagi dok, cara mengatasi penyakit asma apa ya dok? Apa masih bisa di sembuhkan? Terkadang klw asma lagi kambuh tekanan darah saya juga naik, hari ini asma saya kambuh dan tekanan darah 160/100 .. mohon solusinya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, RH

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan/atau batuk persisten dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari pengerutan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru.

Untuk terapi utama dalam penanganan asma adalah menjauhi pencetusnya seperti (Debu dan polusi, Asap rokok dan Udara dingin)

Hipertensi didefinisikan sebagai penyakit yang ditandai dengan hasil pemeriksaan tekanan darah sistolik di atas 130 mmHg atau diastolik di atas 80 mmHg. 

Peningkatan Tekanan Darah dapat di kontrol dengan perubahan gaya hidup.

  1. Modifikasi gaya hidup
    - Gizi seimbang, kurangi garam, diet kaya buah dan sayuran
    - Olahraga teratur
    - Stop merokok dan alkohol
  2. Obat-obatan golongan antihipertensi

Namun tidak semua antihipertensi bisa digunakan pada orang penyakit asma. Perlu dipertimbangkan interaksi obat antihipertensi dengan kondisi penyakit saluran nafas pasien dan kemungkinan perburukan keadaan akibat obat yang diberikan. Konsultasikan lebih lanjut ke dokter terkait obat antihipertensi yang cocok dengan kondisi kesehatan Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum menjemur pakaian dalam rumah, keringkan dulu dalam mesin cuci

Apakah Anda Boleh Menjemur Pakaian Dalam Rumah?

Menjemur pakaian tidak boleh sembarangan. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar kebersihannya tetap terjaga, terutama bagi Anda yang sering menjemur pakaian dalam rumah.