26 Dec 2020, 18:14Saraf

Asimetris pada wajah apa solusinya?

LT
Info Penanya: LT0
Selamat sore dok, saya ingin bertanya sudah dua tahun belakangan ini saya merasakan wajah saya asimetris dan akhir2 ini semakin parah karna bibir bawah agak miring ke kanan, kemudian pipi sebelah kiri lebih besar, awalnya karna gigi sebelah kiri saya bolong akhirnya saya terbiasa mengunyah pada sisi sebelah kanan sudah 4 tahun saya selalu menggunakan sisi gigi sebelah kanan, dan hasilnya pipi kanan saya lebih tirus daripada sebelah kiri dan bibir bawa miring ke kiri bagai mana solusinya dok
2367 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi LT,Bentuk wajah yang tidak simetris tentunya akan mengganggu penampilan Anda ketika berkomunikasi dengan orang lain dan hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri Anda.

Beberapa penyebab wajah tidak simetris adalah:

  • Kebiasaan mengunyah menggunakan salah satu sisi wajah. Namun yang benar adalah ketika Anda terbiasa mengunyah menggunakan sisi wajah kanan maka seharusnya pipi kanan akan lebih besar karena otot-ototnya berkembang, bukan malah lebih tirus.
  • Kelainan struktur rahang. Kelainan struktur rahang ini akan menyebabkan wajah tidak simetris sejak kecil, atau adanya trauma kecelakaan akan membuat struktur rahang bergeser dan menyebabkan wajah tampak miring.
  • Bell's palsy. Kelainan saraf ini akan membuat 1 sisi wajah menjadi lebih turun termasuk bibir dan kelopak mata. Keluhan terjadi mendadak tanpa disertai rasa nyeri dan sampai saat ini belum diketahui pasti apa penyebabnya.
Sebelum memastikan penyebabnya, maka yang bisa Anda lakukan adalah coba beralih mengunyah ke sisi gigi yang lain dan sering-sering mengunyah permen karet. Tetapi bila bibir tampak miring, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter saraf untuk memastikan penyebabnya.Salam sehat,dr. Vina
bell’s palsydislokasi rahangperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil