ASI keluar tiba-tiba tetapi tidak menyusui?

HM Info Penanya: HM, Wanita
Dok ketika berhubungan badan tiba2 keluar ASI pdhal tdk sdg menyusui apakah itu berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi H, 

Berdasarkan keluhan yang anda alami. Keluar cairan dari puting payudara yang tidak berhubungan dengan kehamilan dan menyusui disebut galaktorea. Penyebab galaktorea antara lain: rangsangan payudara berlebihan yang dikaitkan dengan aktivitas seksual, suplemen herbal, pil kb, obat-obatan tertentu, penyakit ginjal kronis, kerusakan saraf, gangguan kelenjar.

Tanda dan gejala galaktorea adalah keluar cairan putih, kuning atau hijau; terjadi tiba-tiba; terjadi pada satu atau dua payudara; menstruasi tidak teratur; sakit kepala dan gangguan penglihatan.

Jika cairan terus menerus keluar spontan saat aktivitas seksual, hal ini wajar. Tetapi jika ingin dievaluasi anda bisa konsulkan ke dokter. Jika yang keluar cairan kuning, darah harus segera dikonsulkan ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Apabila gairah seks Anda rendah, cobalah untuk konsumsi makanan peningkat libido, yang dekat dengan Anda

Selamatkan Hubungan Anda, dengan Konsumsi Makanan Peningkat Libido Berikut

Seks yang bergairah, secara tidak langsung memberikan manfaat untuk kualitas hidup Anda. Namun, adakalanya hasrat seks menjadi rendah, dan dapat mengganggu kehidupan pribadi, serta rentan merusak hubungan dengan pasangan. Agar tak berlarut-larut, ada cara untuk mendongkrak hasrat seksual, termasuk dengan mengonsumsi makanan peningkat libido berikut ini.