asap obat nyamuk mengenai mata

K0 Info Penanya: K0, Pria, 20 Tahun
Dok. Saya pengen tanya saya menyalakan obat nyamuk dan asap dari obat nyamuknya agak lama mengenai mata saya dan tiba tiba mata saya perih dan pandangan terasa agak gelap dan ketika melihat cahaya pandangan teras tambah gelap, sama ketika mata saya digerakkan mata saya terasa berkedut. Itu kenapa ya dok?terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Pak

Obat nyamuk bakar ketika dibakar akan menghasilkan asap dan debu. Berdasarkan penelitian, obat nyamuk bakar menghasilkan zat yang dinamakan formaldehyde. Satu obat nyamuk bakar menghasilkan zat formaldehyde setara dengan puluhan batang rokok.

Asap yang jika dihasilkan secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek jangka pendek di antaranya :

  • Mual muntah
  • Iritasi kulit
  • Mata berair hingga iritasi mata
  • Batuk, bersin, rasa panas di hidung, hingga gangguan pernapasan
Apabila terpapar secara berlebihan dan dalam jangka panjang, dapat menimbulkan kanker.

Efek samping dan gejala yang timbul memiliki varian yang berbeda setiap orangnya. Orang dengan sensitifitas lebih tinggi dan ada juga yang tidak bereaksi apa - apa terhadap paparan asap obat nyamuk bakar.

Untuk gejala yang Anda alami, kemungkinan karena iritasi pada mata sehingga menyebabkan kemerahan, air, dan sensasi tidak nyaman pada mata. Untuk menghentikan gangguan tersebut, Anda dapat menjauhi sumber asap, mematikan obat nyamuk bakar, dan membasuh mata dengan air bersih. Apabila gangguan berlanjut, segera memeriksakan diri ke dokter spesialis mata. Tidak disarankan untuk membeli obat tetes mata tanpa resep dari dokter.

Salam Sehat,

dr. Christine Verina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ulkus kornea atau luka pada kornea mata adalah gangguan mata berwarna putih dan sering dianggap sebagai katarak

Luka pada Kornea Mata atau Katarak? Ketahui Perbedaannya

Ulkus kornea adalah luka pada kornea mata yang ditandai dengan munculnya bintik putih pada kornea mata dan memiliki gejala yang hampir sama dengan katarak yaitu dengan timbulnya warna putih di mata. Ulkus kornea ini disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan jamur.