Kenapa hasil pemeriksaan asam urat tidak terdeteksi?

CD Info Penanya: CD, Wanita
Selamat siang dokter,saya Citra usia 29 tahun, barusan saya mengecek asam urat dan ternyata hasilnya adalah lo, yang ingin saya tanyakan:1. Berbahayakah jika hasilnya adalah low?2. Penyakit apa yang biasanya terjadi jika asam urat nya low??terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CD,

Asam urat adalah hasil metabolisme tubuh yang dihasilkan apabila tubuh mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung purin. Kadar normal asam urat sendiri pada wanita adalah 2-6 mg/dL. Apabila saat dilakukan pemeriksaan menggunakan alat portable didapatkan hasil yang tidak terdeteksi bisa disebabkan bukan karena penyakit tapi bisa karena kesalahan alat, kesalahan prosedur saat melakukan pemeriksaan ataupun juga kadarnya yang dibawah batas yang bisa terdeteksi alat tersebut.

Untuk pastinya ada baiknya melakukan pemeriksaan yang lebih akurat menggunakan darah yang diambil dari pembuluh vena dengan jumlah yang lebih banyak. Bisa dilakukan di laboratorium dengan persiapan pemeriksaan sebelumnya seperti melakukan puasa selama 8 jam.

Jika nantinya kadarnya normal ataupun lebih dari normal, perlu membatasi makanan yang mengandung purin tinggi seperti daging merah, jeroan/organ dalam hewan, makanan olahan laut, kacang-kacangan, sayuran hijau, minuman bersoda, alkohol dan lainnya. Nantinya juga jika kadarnya lebih dari normal, dokter bisa memberikan pengobatan sesuai dengan kebutuhan.

Penting juga mengonsumsi lebih banyak air putih karena asam urat dibuang oleh tubuh melalui urine. Dimana jika kadarnya tinggi bisa memicu pembentukan batu di ginjal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak manfaat sarapan pagi, termasuk untuk memberikan energi dan mengendalikan berat badan

Jangan Lewatkan Manfaat Sarapan Pagi Ini untuk Kebaikan Hari

Sarapan pagi mungkin sering dilewatkan. Padahal, ada sejumlah manfaat sarapan pagi untuk kesehatan tubuh, termasuk menyehatkan jantung