18 Jun 2021, 18:12Perut

Gimana agar asam lambung terkontrol?

DA
Info Penanya: DA0
Dok , saya kan setiap hari itu perut saya kembung , mual , dan sendawa , kadang kadang sampai dada saya sesak . Saya setiap hari harus konsumsi obat asam lambung trs . Kalau saya tidak minum selalu kambuh lagi dok . Cara nyembuhin gmn dok ?? Supaya saya tdk kecanduan obat trs dok?? kondisi saya lg dada sesak , kembung dan mual apa boleh untuk vaksin covid dok ??
2373 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, DATerima kasih atas pertanyaannya.Asam lambung yang naik atau GERD biasanya akan menimbulkan rasa penuh di perut dan dada, panas, sakit perut, mual, muntah.  Asam lambung yang naik sering berkaitan dengan pola makan, psikologis, gaya hidup serta adanya infeksi di lambung.Untuk mengontrol asam lambung yang naik tidak hanya dengan pengobatan tetapi juga dengan perubahan gaya hidup dan pengaturan pola makan.  Ketika ketiga hal ini terkombinasi dengan baik maka asam lambung dapat terkontrol dan tidak menimbulkan keluhan. 

Cara mengontrol asam lambung yang naik :

  • Perbanyak air putih.
  • Hindari begadang, stres dan juga kelola cemas.
  • Makan porsi kecil tetapi sering.
  • Jaga berat badan seimbang.
  • Hindari berbaring setelah makan.
  • Mulai menghindari makanan dan minuman pemicu asam lambung contohnya pedas, gorengan, instan, MSG, cepat saji, pemanis buatan, pengawet, serta minuman kopi, teh, dan soda.
  • Olahraga teratur setiap hari.
  • Konsumsi obat lambung sesuai anjuran dokter.
Bila asam lambung sering kambuh-kambuhan padahal sudah melakukan gaya hidup sehat maka sebaiknya periksa ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan lanjutan pada lambung.  Terkait vaksin COVID-19, riwayat asam lambung boleh di vaksin COVID-19 tetapi pastikan kondisi badan benar-benar fit dan sehat sebelum melakukan vaksin.   Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
asam lambungmaaggerdtukak lambungvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil