22 Sep 2021, 05:06Perut

Bagaimana makanan untuk penderita asam lambung?

IV
Info Penanya: IV0
Halo dok ibu saya kena asam lambung dan mengalami rasa mual terus dan ngak mau makan saran dok makanan untuk penyakit asam lambung
224 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, ITerima kasih atas pertanyaannya.Asam lambung adalah zat yang diproduksi lambung untuk membantu proses pencernaan makanan.  Pada kondisi tertentu, produksi asam lambung dapat berlebih sehingga menimbulkan gejala peningkatan asam lambung seperti mual, muntah, sering sendawa, perut kembuh, nyeri ulu hati, hingga rasa tidak nyaman di dada dan saat bernapas. 

Tips makanan untuk asam lambung :

  • Jauhi makanan pemicu asam lambung contohnya pedas, gorengan, asam, tinggi gula, MSG, cokelat, serta pemanis buatan.  Termasuk minuman kopi, teh, dan soda. 
  • Beri asupan makan yang lembut lalu berkuah hangat, seperti bubur, sup ayam atau sayuran.   
  • Seduh air hangat yang dicampur sedikit jahe dapat mengurangi mual. 
  • Porsi makan lebih sedikit tetapi waktunya lebih sering agar tidak menjadi mual tetapi perut tidak kosong.  Misal 3-4 sendok per 15 menit.  Lalu selingin dengan cemilan buah.  
  • Hindari berbaring setelah makan karena dapat memicu asam lambung yang naik.  Beri jeda 2 jam setelah makan baru dapat berbaring. 
  • Perbanyak minum air putih, kurangi yang bewarna.
Selain pola makan, asam lambung juga dipicu pola istirahat dan pikiran.  Jadi dibantu pula dengan istirahat teratur, kurangi begadang, serta kelola stres dan cemas.  Minum obat lambung yang diberikan dokter sesuai anjuran.  Bila dalam 2 minggu tidak ada perbaikan, sebaiknya bawa orang tua periksa ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi kesehatannya.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
asam lambungmualmasalah pencernaangerd
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil