12 Dec 2020, 09:30Penyakit Lainnya

Asam lambung kenapa bisa menyebabkan sesak ?

CM
Info Penanya: CM0
Dok..saya mau tanya.,sebulan saya pernah mengalamai tiba2 keringat dingin,dan kdang mual ,tenggorokan terasa banyak lendir dan sesak nafas pas periksa kataya lambung..tpi sudah mendingan Dan kmren saya periksa lagi soalnya kadang habis makan pusing da bilang klo sblumnya punya asam lambung..trus d kasi obat sama dokter antasida sma vit b.tpi saya minum antasida klo saya merasa asam lambung naik.akhir2 ini kadang saya pusing kadang tidak dok..dan kadang tiba2 jadi kyak langsung sesak knp y dok..
1083 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam CM,Terima kasih atas pertanyaannya.Konsisi CM berkaitan dengan asam lambung yang meningkat. Asam lambung yang meningkat dapat menyebabkan mual, muntah, pusing, radang tenggorokan, tidak nafsu makan, dan perut kembung. Dapat disertai nyeri ulu hati, perut melilit, dan mencret. Gangguan maag tersebut disebut dispepsia.Yang dapat mencetus dispesia :
  • Makanan pedas, asam, berlemak, kopi, rokok, alkohol
  • Makan tidak teratur, sekali makan dalam jumlah banyak, makan terlalu cepat
  • Efek samping obat (antibiotik, antinyeri, jamu)
  • Stress
  • Bergadang, kelelahan
Bila dibiarkan terus menerus akan menyebabkan penyakit GERD (gastroesophageal reflux) dimana asam lambung yang meningkat mengiritasi katup yang memisahkan kerongkongan dan lambung sehingga fungsinya terganggu dan asam lambung naik ke saluran lebih atas. Kondisi ini menimbulkan rasa panas dan sesak di dada. Penyakit-penyakit ini akan terus menerus kambuh bila penanganannya tidak dibarengi dengan perubahan kebiasaan karena obat hanya mengurangi gejala saja tidak menghilangkan sumber penyebabnya. Proses penyembuhannya juga membutuhkan waktu yang lama.Yang bisa anda lakukan untuk mencegah kekambuhan adalah minum obat sesuai anjuran dibarengi dengan penerapan hidup sehat dan pola makan yang teratur. Hindari makanan asam, pedas, berminyak, berlemak, serta kopi. Makan dengan porsi sedikit tetapi sering setiap 3-4 jam sekali karena asam lambung diproduksi setiap 3 jam. Tidur cukup dan jangan bergadang serta hindari stres. Lakukan olahraga rutin minimal 3-4 kali seminggu selama 30 menit.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
asam lambunggerddispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil