Asam lambung apa menyebabkan kurus?

BS Info Penanya: BS, Pria, 35 Tahun
Selamat pagi dokterApa gerd bs membuat kurang nafsu makan dan berat badan bs turun drastis bila si yg punya penyakit makan atas saran dokter??sy dr 118 sekarang 90kgApa gerd bs bikin nafas berat??krn sdh 2 bulan ini nafas sy berat, Dan apa asam lambung naik bila kita jg streee??Terakhir,apa kita tiba2 gatal2 jg bs di sebabkan strees berlebihan?? Mohon penjelasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BS,

Gangguan lambung bisa dialami siapa saja, dan banyak faktor yang mempengaruhinya, baik dari pola makan, maupun tingkat stres.

Gangguan lambung terutama GERD akan menimbulkan keluhan sesak napas, dada terasa berat, dada panas, dan mual. Adanya rasa tersebut akan menyebabkan napsu makan seseorang akan menurun dan otomatis berat badan juga akan berkurang.

Berat badan Anda turun 28 kg dalam jangka waktu berapa lama? Karena penurunan berat badan yang drastis bisa disebabkan oleh TBC, sedang diet ketat, stres, hipertiroid, hingga adanya kanker.

Semakin stres seseorang maka produksi asam lambung akan semakin banyak, dan menimbulkan berbagai keluhan lainnya seperti tidak napsu makan, gelisah, gatal-gatal, dll.

Namun sesak napas selain GERD juga bisa disebabkan oleg faktor kegemukan, infeksi paru seperti TBC, jantung koroner, dll. Tentunya semakin gemuk maka penyakit akan semakin banyak.

Saat ini yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Usahakan makan secara teratur, porsi kecil namun sering.
  • Perbanyak makan sayur dan buah agar tidak lapar.
  • Hindari konsumsi gorengan, pedas, asam, kopi, soda, dan alkohol.
  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Kendalikan pikiran Anda, dan jangan stres.

Karena keluhan Anda sudah sangat beragam, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengenal arti bad mood serta cara mengatasinya

Sebenarnya, Apa Arti Bad mood dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Arti badmood adalah perasaan negatif yang muncul secara bertubi-tubi. Tidak hanya sedih, orang yang mengalami badmood juga akan sering marah, frustrasi atau gampang tersinggung.