Asam lambung, mual nafas berat di bagian dada

TA Info Penanya: TA, Wanita, 2019 Tahun
Saya memiliki asam lambung, tekanan darah saya 110/80 dan denyut jantug saya juga normal. Tapi saya merasa nafas saya berat dan dibagian dada dan pinggang terkadang terasa nyering. Disamping itu saya sering kesemutan. Batuk ringan terus menerus, nafsu makan turun dan tidak merasa lapar, mual. Berbahaya tidak ya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, TAA

Kondisi asam lambung yang tinggi dapat memicu reflux asam lambung pada saluran makan/esofagus bagian bawah, kondisi ini dapat memicu rasa sesak nafas dan nyeri ulu hati hingga ke dada. Pada tahap lanjut asam lambung juga dapat mengiritasi saluran makan bagian atas dan saluran nafas  yang menyebabkan peradangan sehingga terjadi batuk. Kumpulan gejala tersebut menjadi tanda penyakit GERD/gastroesofageal reflux disease. Pada tahapan yang lebih lama penyakit asam lambung semakin memperlemah katup/sphingter esofagus bagian bawah yang dapat memicu baret esofagus dan terjadi kanker esofagus.

Saya saraankan anda untuk jangan stres karena dapat memicu asam lambung lebih banyak, hindari terlambat makan, tetap makan sesuai waktu ya, istirahat, olahraga, menurunkan berat badan jika gemuk, tidur dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi, dan hindari tidur setelah makan.

Untuk tatalaksana awal dapat diberikan obat golongan PPI, prokinetik oleh dokter. Pada keadaan yang tidak ada perbaikan, anda juga perlu menjalani evaluasi endoskopi dengan dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD).

Salam sehat

dr. Zulham

TA
02 Aug 2019, 10:55
Terimakasih dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita GERD kerap mengalami naiknya asam lambung hingga tenggorokan hingga menyebabkan rasa terbakar

Ciri-Ciri Asam Lambung Naik, Alarm Bagi Penderita GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit gangguan asam lambung. Pada penderita GERD, ciri-ciri asam lambung naik bisa beragam, mulai dari batuk kronis, bau napas tidak sedap, hingga sensasi terbakar di dada.