12 Jan 2021, 14:57Penyakit Lainnya

Apa arti pemeriksaan samar pada hasil IgG ?

T
Info Penanya: T, Wanita, 19 Tahun
Saya sedang menulis jurnal tentang covid19 dan melihat dikomentar ttg org yg hasil rapid testnya merah di garis c dan samar di garis IgG, saya sudah research tentang arti dari itu dan belum menemukannya, itu artinya apa ya dok? Ada yg bilang orang itu sudah pernah terpapar atau alumni covid19. Saya ingin membaca pendapat dokter, terima kasih.
984 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, T.Virus corona sudah lebih dari satu tahun membuat seluruh dunia luluh lantak, baik dalam segi kesehatan, kematian yang sangat tinggi, penularan yang terjadi dengan mudah, banyak sekali orang yang terinfeksi, rantai penularan yang tidak kunjung terputus, roda perekonomian dunia menjadi hancur, bahkan beribu-ribu orang kehilangan pekerjaannya. Mau tidak mau, suka atau tidak suka, semua sudah terjadi, kita harus hidup berdampingan dengan virus corona. 

Apa arti pemeriksaan samar pada hasil IgG ?

Salah satu pemeriksaan virus corona adalah dengan pemeriksaan rapid antibodi, dimana pemeriksaan ini membutuhkan waktu yang cepat, biaya yang murah, pemeriksaan yang mudah namun hasil yang didapatkan tidak akurat dan belum pasti menggambarkan seseorang terinfeksi virus corona. Karena hasil yang positif pada rapid test antibodi dapat merupakan infeksi dari virus jenis yang lain. Arti dari IgG positif atau reaktif berarti Anda terinfeksi virus dimasa lalu dan tubuh Anda telah membentuk antibodi IgG, namun hal ini harus dikonfirmasi ulang dengan pemeriksaan swab dimana pemeriksaan melihat apakah terdapat virus di saluran hidung dan tenggorokan, dan berapa jumlahnya, apakah masih bisa menularkan atau tidak.Untuk itu, jika Anda mengalami keluhan seperti sesak nafas, kesulitan bernafas, batuk kering, demam tinggi, kehilangan indera penciuman dan indera perasa, terlebih sebelumnya Anda kontak dengan pasien covid 19, maka segera lakukan pemeriksaan swab. Jangan lupa untuk selalu menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan, pola hidup sehat, serta etika batuk dan bersin yang benar.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
pola hidup sehatcoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil