22 May 2020, 09:23Infeksi

Areola mengeluarkan cairan kuning, apakah itu infeksi?

N
Info Penanya: N, Wanita0
siang dok, saya (19 tahun) mau bertanya,awalnya pada areola sebelah kiri keluar cairan kuning bening, lalu saya beri obat bactoderm selama beberapa hari. lalu saya tidak menggunakannya lagi.. malah tambah parah berbulan-bulan kemudian dok.Areola menjadi melebar, kemudian kulit terasa melepuh, lalu keluar cairan kuning pada areola itu. Bagaimana cara mengobatinya dok? karena sangat mengganggu aktivitasTerima kasih
26115 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat pagi, N.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Areola mammae adalah bagian kulit berwarna gelap yang mengelilingi puting susu. Areola merupakan bagian dari payudara. Pada bagian areola, terdapat saluran yang berfungsi menyimpan susu pada payudara ibu selama masa menyusui. Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, jika areola mengeluarkan cairan kuning, melepuh, dan melebar, maka cairan tersebut berupa nanah dan kemungkinan besar payudara Anda mengalami infeksi.

Penyebab infeksi pada payudara

Ada beberapa penyebab infeksi pada payudara, yaitu:
  • Mastitis. Infeksi pada payudara yang disebabkan karena menumpuknya ASI di kelenjar payudara. Gejalanya berupa demam, menggigil, lemas, keluar cairan yang bernanah, muncul benjolan di payudara, dan pembesaran kelenjar getah bening di area ketiak atau leher. 
  • Abses payudara. Benjolan pada payudara yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau kondisi mastitis yang tidak diobati. Gejala yang ditimbulkan berupa payudara yang  bengkak dan kemerahan, keluar nanah dari puting, nyeri pada payudara, dan demam. 

Cara mengatasi infeksi payudara

Untuk mengatasi gejala Anda ini, yang bisa Anda lakukan yaitu:
  • Mengkompres area areola payudara dengan kompres air hangat.
  • Konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.
  • Jika Anda sedang menyusui, rutin melakukan pompa ASI.
  • Segera periksa ke dokter kondisi Anda ini agar dapat dipastikan apa yang menjadi penyebabnya sehingga dapat diberikan terapi yang sesuai. 
Salam sehat,dr. Ester
mastitispayudaraabses payudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil