Apakah keputihan putih susu normal?

L Info Penanya: L
Saya mau nanya dok. Kalo keputihanya banyak warnanya putih susu gtu agak cair berbau agak asam itu normal ga ya? Trs gatal di area v nya . Ga brhnti2,slalu bgtu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, L.

Keputihan adalah lendir yang keluar dari liang vagina. Keputihan sebetulnya hal yang normal, karena lendir tersebut berfungsi untuk menangkap bakteri atau benda asing di liang vagina. Tetapi, keputihan menjadi abnormal apabila benda asing terlalu banyak, yang terlihat dari warna tidak jernih, kental atau menggumpal, berbau tidak enak, dan jumlahnya yang terus-menerus.

Terkait pertanyaan Anda, keputihan putih susu dan berbau asam yang disertai gatal di area vagina kemungkinan besar tidak normal. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, ataupun virus pada vagina Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab pastinya. Dokter akan melakukan beberapa tes seperti pemeriksaan lendir vagina, dan memberikan terapi yang tepat.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan area vagina, ya. Sebaiknya gunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dengan bahan yang menyerap keringat. Juga, hindari menggaruk area yang gatal karena berpotensi memicu infeksi sekunder.

Terima kasih, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.