15 Jun 2020, 22:45Kulit & Kelamin

Gatal pada area sekitar Miss v , bagaimana penanganannya ?

SB
Info Penanya: SB0
Selamat malam dokter, sudah sekitar satu Minggu ini, area sekitar Miss v Saya (saya ga tau namanya apa, tapi pokoknya di kulit yg tumbuh bulu di tpt rahim, dan sekitar selangkangan) sangat gatal.. semingguan lalu mulai gatal, saya pikir karna bulu kemaluan saya terlalu lebat dan lembab, akhirnya saya cukur, setelah cukur malah semakin gatal.. kira2 obat atau penanganan seperti apa yg bisa saya lakukan ya? Terimakasih banyak
17596 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, SB.Gatal pada area sekitar miss v atau vagina adalah keluhan yang dapat terjadi karena berbagai faktor. Pada dasarnya keluhan tersebut dapat terjadi pada keadaan yang masih dalam batas normal seperti perubahan hormon, kondisi lembap berlebih, serta pertumbuhan bulu kemaluan. Akan tetapi ada pula kondisi medis dan penyakit yang dapat menimbulkan gejala gatal pada area sekitar vagina.

Berikut kondisi medis dan penyakit-penyakit tersebut, antara lainnya adalah :

  • infeksi jamur, bakteri, ataupun virus
  • infeksi menular seksual
  • iritasi akibat bahan dan zat iritan yang terkadung dalam sabun pembersih vagina atau produk lainnya
  • alergi pada bahan tertentu seperti pembalut atau pakaian dalam
  • stres psikis dan fisik
  • keganasan, khususnya kander vulva
Terkait kemungkinan faktor penyebab dari keluhan gatal pada area sekitar vagina Anda, salah satu faktor yang paling umum terjadi ialah infeksi jamur. Namun, untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu.Untuk sementara hindarilah keadaan lembap yang berlebih dengan lebih sering mengganti pakaian dalam, hindari menggunakan sabun pembersih vagina yang dijual bebas di pasaran, karena dapat mengganggu flora normal vagina, serta Anda dapat mengonsumsi makanan sumber probiotik atau dalam bentul suplemen yang dijual di apotek, untuk memaksimalkan kerja flora normal vagina dalam mencegah infeksi dan perburukannya.Jika keluhan berlanjut, periksakanlah pada dokter terdekat atau secara langsung pada dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
kulit sekitar kelamingatalvagina gatal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil