Area Miss V gatal dan keputihan bewarna kuning, apakah berbahaya?

S Info Penanya: S
Malam dok, saya ingin bertanya beberapa hari yg lalu saya baru selesai datang bulan dan diarea miss v terasa gatal dok, setelah saya cek diarea bibir luar miss v saya seperti bersisik/berganti kulit gitu dok, dan keputihan saya yg tadinya normal sekarang menjadi agak kekuningan dok, itu kenapa ya dok dan gimana cara mengatasinya dok? Terimakasih sebelumnya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi S,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal pada setiap wanita. Keputihan biasanya akan muncul saat wanita akan menstruasi atau wanita dalam usia subur. Beberapa ciri keputihan normal dalah berwarna bening, tidak berbau dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Sedangkan keputihan yang tidak normal adalah keputihan yang berubah warna bisa menjadi kuning, hijau, coklat dan hitam, Berbau tidak sedap dan bahkan bisa amis, keputihan berjumlah banyak dan sertai gejala seperti gatal dan iritasi pada vagina.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan keputihan yang berwarna kuning bisa di sebabkan infeksi bakteri jamur, bakteri atau virus seperti (trikomoniasis, bakteri vaginosis atau gonore). Untuk menentukan penyebab pastinya Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin.

Untuk mengatasi keluhan keputihan, yang dapat Anda lakukan :

  • Selalu jaga kebersihan organ intim
  • Gunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat, dan dapat menyerap keringat seperti bahan katun
  • Membasuh vagina dari depan ke belakang
  • Selalu keringkan setelah membasuh vagina
  • Hindari berhubungan seks saat keputihan

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan saat hamil tua adalah normal

Mengenal Penyebab Keputihan saat Hamil Tua dan Cara Mengatasinya

Keputihan saat hamil tua merupakan suatu kondisi yang normal. Keputihan saat hamil yang normal memiliki tekstur yang tipis, berwarna bening atau putih, dan tidak terlalu berbau.