02 Nov 2020, 13:29Kulit & Kelamin

Keputihan sebelum dan setelah haid, normalkah?

RR
Info Penanya: RR, Pria, 4 Tahun
Permisi dok, maaf saya mau bertanya masalah kewanitaan. Jadi begini, sebelum dan setelah saya haid Miss V saya suka basah dok..apakah itu normal??
323 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, RR.Miss V yang basah disebabkan karena keluarnya lendir dari liang vagina. Lendir tersebut sering disebut dengan keputihan. Nah, keputihan sering dibedakan menjadi yang normal dan abnormal. Dikatakan normal apabila warnanya putih bening, tidak berbau, tidak menggumpal, dan tidak menyebabkan gatal pada organ intim.Apabila keputihan yang Anda alami memiliki ciri-ciri seperti normal, maka hal tersebut adalah wajar tidak perlu dicemaskan. Produksi keputihan memang lebih banyak pada saat-saat tertentu, seperti sebelum haid dan saat masa subur. Pada beberapa wanita, masa subur dimulai sejak haid selesai.

Ciri Keputihan Abnormal

Tetapi, waspada dan periksakan kepada dokter spesialis kulit dan kelamin apabila keputihan yang Anda alami memiliki ciri-ciri berikut:
  • Berwarna merah, cokelat, kuning pekat, atau hijau
  • Menggumpal-gumpal
  • Berbau amis atau busuk
  • Menimbulkan rasa gatal pada vagina
  • Disertai dengan ruam atau kutil pada vagina
Lalu, penting untuk menjaga kebersihan vagina, terutama mencegahnya agar tidak terlalu lembab pada saat keputihan meningkat atau saat haid. Caranya adalah dengan memilih dan menggunakan bahan celana dalam yang longgar dan tidak terlalu ketat. Selain itu, lap organ intim hingga benar-benar kering setelah membasuhnya, baru gunakan celana kembali. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidmasa suburkeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil