Area kewanitaan gatal, bengkak serta keputihan berbau. Gimana cara mengatasinya?

MA Info Penanya: MA, Wanita
Kaa di arw vagina aku gatal dan keputihan barbau . Trus vagina ku agak bengkak . Gimana cra mengatasi.a y kaa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M

Anda mengalami peradangan pada vagina atau yang disebut vaginitis. Biasanya disebabkan oleh infeksi yang disebabkan bakteri. Dengan ciri khas keputihan berwarna putih keabuan dengan bau amis atau bisa juga disebabkan jamur, dengan keputihan kental dan putih seperti keju. Dan terasa sangat gatal. Bisa juga dari parasit Trikomonas yang tertular akibat hubungan seksual tanpa pengaman, dengan keputihan kuning kehijauan, berbusa dan bau tidak sedap, ditambah gatal, atau nyeri seperti terbakar pada vagina.

Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter agar mendapat terapi yang tepat. Apalagi bila sudah mulai timbul gejala demam. Pencegahannya dengan menjaga kebersihan tubuh terutama area kewanitaan. Jangan menggunakan sabun mandi dengan pewangi serta tidak usah sering-sering memakai produk pembersih kewanitaan. Saya lampirkan artikel mengenai Perbedaan Keputihan Normal dengan Gejala Vaginitis untuk referensi tambahan.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.