Gatal pada dinding vagina, bagaimana pengobatannya ?

NM Info Penanya: NM, Wanita, 27 Tahun
Dok, sudah beberapa hari ini muncul rasa gatal diarea dinding vagina dan membuat aktifitas sehari" jadi kurang nyaman. Kira" adakah krim atau salep yang dapat di beli d apotik yang bisa digunakan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NMU.

Gatal pada dinding vagina merupakan keluhan yang cukup banyak dialami wanita. Terdapat berbagai faktor yang dapat mendasarinya. Mulai dari iritasi, alergi hingga infeksi dapat menimbulkan keluhan tersebut. Pada faktor penyebab yang ringan keadaan ini dapat sembuh dengan sendirinya tetapi jika faktor penyebabnya cenderung lebih serius maka dibutuhkan penanganan lanjut yang lebih intensif.

Berikut beberapa faktor penyebabnya yang meliputi :

  • iritasi
  • alergi
  • infeksi jamur
  • infeksi bakteri vaginosis
  • penyakit menular seksual seperti trikomoniasis dan lain-lainnya
  • keganansan atau kanker

Mengenai keluhan gatal pada dinding vagina yang Anda alami, jika disertai dengan adanya keputihan mungkin berupa infeksi jamur. Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut karena kemungkinan lainnya masih tidak dapat disingkirkan. Mengenai penanganannya terlebih dahulu perlu dipastikan faktor penyebabnya karena setiap kelainan akan berbeda pula pengobatannya.

Untuk sementara Anda dapat menggunakan air rebusan sirih yang dibuat sendiri untuk membasuh vagina. Hindari menggunakan cairan pemebersih vagina yang beredar dipasaran karena dapat memicu ketidakseimbangan flora normal vagina. Anda juga dapat mengonsumsi sumber probiotik untuk memaksimalkan kerja flora normal dalam memerangi organisme penyebab infeksi. Jika keluhan sudah berlanjut cukup lama, ada baiknya diperiksakan pada dokter Kulit dan Kelamin.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu pemicu kandidiasis vagina

Kandidiasis Vagina Penyebab Iritasi Vagina, Benarkah Demikian?

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur pada vagina yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi vagina. Iritasi vagina merupakan gejala umum kandidiasis vagina. Langkah pencegahannya adalah bersihkan area genital luar secara teratur dengan air.