Berhubungan intim lalu haid namun kadang pusing dan mual, apakah hamil ?

AR Info Penanya: AR
asslamualaikum dok, sya mau tnya.. tgl 18 bln 7 sya haid, lalu di tgl 25 sya brhubungan intim keluar di dlam bbrpa mnggu kmudian sya merasakan pusing mual dok, tgl 16- 17 ny sya brhbubgan intim lgi dn tgl 18 ny sya brhalangan dok namun kdng suka terasa pusing dn mual dok?? trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Waalaikumusalam AR.

Berhubungan intim tanpa menggunakan kontrasepsi tentunya dapat menimbulkan kehamilan. Baik melakukan ejakulasi di dalam maupun diluar alat reproduksi wanita, karena tidak hanya ejakulasi yang dapat mengeluarkan sperma, cairan sebelum terjadinya ejakulai pun dapat mengendung sperma dan umumnya dikeluarkan tanda disadari ataupun tidak terkendali.

Mengenai pertanyaan Anda tentang keluhan pusing dan mual umumnya merupakan salah satu tanda awal kehamilan namun tidaklah mutlak masih terdapat tanda lainnya.

Berikut beberapa diantaranya :

  • keadaan tidak haid
  • mual muntah yang umumnya terjadi di pagi hari (morning sickness)
  • perubahan pada payudara
  • munculnya flek dan kram perut bawah
  • timbulnya keputihan

Perihal keadaan yang Anda alami secara keseluran belum dapat dipastikan berupa kondisi kehamilan karena telah terjadinya haid. Pusing dan mual yang dialami saat haid dapat terjadi karena sindroma pramenstrual atau nyeri haid yang disebut dengan dismenore atau bahkan gangguan penecernaan. Jika Anda masih ragu Anda dapat menunggu hingga siklus selanjutnya dan melakukan test pack setelah adanya keterlambatan haid selama minimal 10 hari.

Untuk sementara Anda dapat mengonsumsi vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual dan memenuhi kebutuhan cairan perharinya (2,5 L untuk wanita) karena pada keadaan kurangnya cairan dapat pula menyebabkan keluhan pusing. 

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gawat janin mengindikasikan bahwa bayi dalam kandungan Anda tidak sehat

Waspada! Gawat Janin akibat Gangguan Peredaran Darah

Waspada kondisi gawat janin dapat berisiko bagi kehamilan dan dapat mempersulit persalinan. Dalam kondisi gawat janin, bayi tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga menyebabkan bayi kekurangan oksigen. Gawat janin menjadi indikasi bahwa janin dalam kandungan Anda tidak sehat dan mempengaruhi detak jantung janin yang tidak normal.