Apakan penggunaan baju sauna sama seperti berolahraga?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, saat ini kan banyak baju khusus olahraga yang diklaim dapat membentuk tubuh, salah satunya baju sauna. Itu sebenanya aman dan direkomendasikan nggak sih dok dari segi medis? Apakah baju sauna ini bisa menggantikan olahraga pada umumnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N.

 

Baju sauna merupakan baju tren olahraga masakini yang dipercaya dapat cepat untuk menurunkan berat badan ketika dipakai saat berolahraga. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk berlalu menggunakan baju sauna. Sampai saat ini belum ada penelitian mengenai baju sauna dapat membentuk tubuh. 

Ketika tubuh sedang berolahraga, maka detak jantung menjadi meningkat dikarenakan jantung harus mengalirkan pasokan oksigen ke seluruh otot yang bekerja.

Bahayanya apa saja jika berolahraga menggunakan baju sauna:

  1. Kram atau kejang otot, hal ini terjadi ketika tubuh mengeluarkan keringat berlebih.
  2. Dehidrasi berat.
  3. Heat stroke dimana suhu tubuh tidak akan turun.
  4. Heat exhation, tubuh kehilangan cairan akibat dari banyak keringat yang keluar.

Terkait pertanyaan Anda baju sauna hingga saat ini belum ada penelitian terkait baju sauna dapat menggantikan olahraga. Sebaiknya tetap lakukan olahraga rutin minimal 30 menit. Jangan lupa untuk tetap sehat memperbanyak makan sayur dan buah, olahraga yang teratur, tidur yang cukup, dan hindari stres ya.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Probiotik adalah bakteri baik yang memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan

7 Manfaat Probiotik yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Probiotik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya melancarkan pencernaan, probiotik juga dapat meringankan stres dan kecemasan.