18 May 2020, 05:02Psikologi

Gangguan tidur, sering merasa bersalah dan menangis, apakah normal ?

DR
Info Penanya: DR, Wanita0
Selamat pagi dok:) mengapa akhir-akhir ini saya mengalami gangguan tidur, jadi saya dapat tidur dengn tenang dan nyenyak namun akan terbangun setelah 1 atau 3 jam dan sulit kembali tidur, itu akan berlangsung selama 2-3 hari kemudian di hari berikutnya mungkin selama 2 hari saya tidak bisa tidur sama sekali dan baru akan tertidur setelah subuh hal ini sudah berlangsung selama kurang lebih 3 minggu. Saya juga sering merasa bersalah atas segala hal, juga sering menangis atas hal-hal sepele.
6911 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, DRF.Gangguan tidur merupakan suatu keadaan yang mengakibatkan kurangnya kualitas tidur hingga berpengaruh tidak baik pada kondisi kesehatan. Adapun berbagai bentuk dari gangguan tidur yang meliputi sleep apnea, insomnia, restless legs syndrome termasuk mengorok. 

Berikut beberapa penyebab gangguan tidur yang umum terjadi, diantanya adalah :

  • masalah pada saluran pernapasan dan alergi
  • sering buang air kecil yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu 
  • penyakit kronis 
  • radang usus
  • radang sendi
  • nyeri punggung bawah (LBP)
  • stres, kecemasan, depresi dan gangguan psikologis lainnya
Mengenai keluhan yang Anda alami, jika gangguan tidur yang terjadi disertai dengan perasaan bersalah dan kesedihan yang membuat Anda menangis kemungkinan keadaan sulit tidur yang dialami disebabkan oleh faktor psikologis. Keadaan psikologis yang terganggu atau dalam keadaan yang tidak stabil tanpa disadari dapat memenuhi alam bawah sadar dan memberikan gejala fisik, salah satunya kesulitan masuk tidur, terbangun di tengah tidur ataupun sulit mempertahankan tidur yang dikenal dengan kondisi insomnia. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Psikiater ataupun Psikolog.Untuk sementara Anda dapat mencoba tips pada artikel berikut untuk membantu mengatasi kesulitan tidur yang Anda alami.Jika keluhan berlanjut disertai gangguan psikologis yang memburuk, segeralah memeriksakan diri.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
gangguan tidurinsomniagangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil