Apakah yang dimaksud dengan sinusitis ?

NW Info Penanya: NW, Wanita, 2019 Tahun
Dokter,awalnya mata sblh kanan sakit cenut". Trs pusing d dahi sblh kanan. Berikutnya hidung sblh kanan jg rasanya seperti mau bersin tp gak bs". Setelah periksa katanya saya kena sinus. Pertanyaan saya : Apakah ada sinus yg cuma sebelah ? Dan bagaimana seharusnya saya bertindak ? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NW.

Sinus merupakan suatu rongga. Sinus paranasal adalah rongga di dalam tulang kepala yang terletak disekitar hidung dan mempunyai hubungan dengan rongga hidung melalui ostiumnya. Ada 4 pasang sinus yang terbesar yaitu sinus maksila, sinus frontalis dan sfenoid kanan dan kiri dan beberapa sel-sel kecil yang merupakan sinus etmoid anterior dan posterior.

Sinus paranasal adalah bagian dari saluran pernapasan yang berhubungan langsung dengan nasofaring. Sinus secara normal steril. Dengan adanya obstruksi, flora normal di hidung dan tenggorokan dapat dapat menyebabkan infeksi pada sinus yang disebut sebagai sinusitis. Sinusitis adalah proses peradangan atau infeksi dari satu atau lebih pada membran mukosa sinus paranasal dan terjadi obstruksi dari mekanisme drainase normal.

Gejala sinusitis meliputi kongesti hidung/ hidung tersumbat, sakit tenggorokan, nyeri  sekitar mata, pipi, dahi, sakit kepala, demam, penciuman berkurang, batuk, sakit gigi, susah bernafas, mudah lelah.

Terkait dengan pertanyaan anda, karena sinus sendiri terdiri dari 4 pasang, jadi tergantung sinus mana yang terkena. Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Lebih lanjut tentang sinusitis, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

(maks. 500 karakter)