Apakah yang dimaksud dengan infeksi saluran napas akut ?

SR Info Penanya: SR, Pria, 19 Tahun
dokter, saya ingin bertanya mengenai radang yg sedang saya alami sdh hampir 1 minggu,setiap mlm saya susah tdr karna sakit sekali dan setiap kali batuk, saya mengeluarkan ludah bercampur darah... ?? apakah ini masih dlm tahap normal penyakit radang atau bgmn dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SR.

Keluhan yang anda rasakan kemungkinan karena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Infeksi saluran pernapasan akut gejalanya seperti batuk, nyeri tenggorokan dan pilek, ISPA dapat ditularkan melalui dahak yang dikeluarkan, bersin-bersin, udara pernapasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat kesaluran pernapasannya. Penyebab terbanyak ISPA adalah infeksi virus dan bakteri.

Untuk mengetahui penyebab dan diagnosis dari keluhan anda, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti anamnesa (tanya-jawab) lebih lanjut, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang (laboratorium, rontgen) sesuai indikasi. Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter agar diperiksa secara langsung.

Terapi sementara yang dapat anda lakukan :

- Optimalkan daya tahan tubuh dengan cara : istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari, minum air putih yang cukup, konsumsi buah-buahan dan sayuran atau konsumsi multivitamin

- Berhenti merokok, jika merokok

Lebih lanjut tentang ISPA, dapat anda baca pada artikel berikut.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen pelega tenggorokan biasanya mengandung mentol dan obat antiseptik untuk meringankan tenggorokan gatal

Benarkah Permen Pelega Tenggorokan Ampuh Atasi Batuk?

Saat sakit tenggorokan atau batuk, permen pelega tenggorokan memang bisa membantu mengurangi gejala. Namun karena efeknya hanya sementara, kita cenderung mengonsumsi permen tersebut terus-menerus. Hati-hati efek sampingnya, ya.