Apakah yang dimaksud dengan friendzone?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, anak saya akhir-akhir ini sering cerita mengenai friendzone yang dialaminya. Apakah ini akan berpengaruh ke kesehatan mental, dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Friendzone adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hubungan yang bertepuk sebelah tangan. Kondisi friendzone adalah seseorang ketika menyukai lawan jenis, tetapi lawan jenis tersebut tidak memiliki perasaan yang sama dan hanya menganggapnya sebagai teman. Istilah friendzone ini sering digunakan oleh anak berusia remaja.

Sebagai contoh, Andi menyukai Susi, tetapi Susi tidak memiliki perasaan yang sama. Andi mungkin akan mengalami beberapa hal, seperti misalnya tidak pernah bisa mengajak Susi jalan berdua karena Susi selalu mengajak teman-temannya. Selain itu, mungkin Susi akan menjodoh-jodohkan Andi dengan wanita lain, atau malah bercerita kepada Andi tentang pria lain yang disukainya.

Terkait pertanyaan Anda, friendzone yang dialami anak Anda bisa meningkatkan hormon kortisol, yaitu hormon yang diproduksi saat seseorang stres. Selanjutnya, hal tersebut bisa membuat anak murung, menjadi pendiam, bahkan memunculkan beberapa gejala kesehatan. 

Tetapi, dengan mekanisme pertahanan diri yang baik, hormon kortisol akan turun dengan sendirinya. Oleh karena itu, pada saat-saat anak mengalami hal ini, dukungan orang lain sangat dibutuhkan. Berikan pengertian kepada anak bahwa ia tidak bisa memaksakan segala hal berjalan sesuai keinginannya, dan sebaiknya memahami perbedaan yang terjadi. Jangan lupa jelaskan bahwa kehidupan masih panjang, dan selalu ada matahari setelah hujan.

Jika anak tampak terperangkap dalam pikirannya, tidak mau makan, atau sampai malas bersosialisasi dalam jangka panjang, Anda juga bisa mengajak anak Anda berkonsultasi kepada psikiater anak. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips kencan aman saat wabah virus corona adalah dengan melakukan panggilan video

Tips Kencan Aman Agar Tetap Romantis di Tengah Wabah Virus Corona

Ada beberapa tips kencan aman saat wabah virus corona yang bisa dilakukan agar Anda dan pasangan tetap romantis. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi chat dan fitur panggilan video melalui ponsel Anda.