Apakah yang di masksud dengan hipotensi ortostatik

PH Info Penanya: PH
Halo doc, begini.... Mata saya sering berkurang- kunang, keringat dingin, dan apabila dipaksa bisa jadi saya pingsan. Saya selalu alami saat upacara, berdiri lama, dan olahraga...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, PH.

Hipotensi ortostatik adalah turunnya tekanan darah sistolik (TDS) 20 mmHg atau turunnya tekanan darah diastolik (TDS) 10 mmHg pada saat perubahan posisi, dari posisi tidur ke posisi tegak. 

Hipotensi ortostatik merupakan kondisi dimana seharusnya pembuluh darah berespon terhadap gravitasi dengan kontraksi (menyempit), dan dengan demikian dapat meningkatkan tekanan darah, jika kita berdiri dari posisi duduk atau berbaring. Hipotensi ortostatik berarti bahwa pembuluh darah tidak menyesuaikan diri terhadap perubahan saat posisi berdiri, sehingga terjadi penurunan tekanan darah.

Penyebab hipotensi ortostatik meliputi: penyakit sistem saraf, seperti neuropati, istirahat di tempat tidur dalam waktu yang lama , irama jantung yang tidak teratur, penyakit kencing manis.

Gejalanya meliputi penglihatan kabur, badan terasa lemas, mual, linglung bahkan sampai pingsan.

Jika keluhan sering dirasakan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk menegakkan diagnosis dan penyebab dari keluhan anda, sehingga terapi yang diberikan tepat.

Selengkapnya tentang hipotensi ortostatik dapat anda simak disini.

 


Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual, pusing, pandangan kabur merupakan gejala darah rendah.

Waspadai Gejala dan Kenali Penyebab Darah Rendah dengan Cermat

Gejala darah rendah adapun mual, pusing atau kepala terasa ringan, dehidrasi, sulit konsentrasi, tekanan darah di bawah 90/60 mmHg hingga pingsan apabila sudah kronis.