Apakah yang di maksud dengan infeksi saluran kemih ?

RA Info Penanya: RA, Pria, 19 Tahun
Dok klw kencing sakit.Keluar ya sedikit. Klw sesudah kecing badan terasa lemes.Yg ak rasakan sehat2x ajh. Tpi klw kencing bis sakit kenapah ys dok.. [email protected]@
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RA.

Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan, kemungkinan anda mengalami infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih (ISK) adalah suatu keadaan dimana kuman atau mikroba tumbuh dan berkembang biak dalam saluran kemih dalam jumlah bermakna.

Infeksi saluran kemih diklasifikasikan berdasarkan anatomi, yaitu:
- Infeksi saluran kemih bawah : pada pria seperti epididimitis, prostatitis, sistitis, uretritis
- Infeksi saluran kemih atas : pielonefritis akut dan kronik

Infeksi saluran kemih sebagian besar disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur tetapi bakteri yang sering menjadi penyebabnya. 

Infeksi saluran kemih (ISK) dapat diketahui dengan beberapa gejala seperti demam, susah buang air kecil, nyeri setelah buang air besar (disuria terminal), sering buang air kecil, kadang-kadang merasa panas ketika berkemih, nyeri pinggang dan nyeri suprapubik.

Namun, gejala-gejala klinis tersebut tidak selalu diketahui atau ditemukan pada penderita ISK. Untuk menegakan diagnosis dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap, urinalisis, ureum dan kreatinin, kadar gula darah, urinalisasi rutin, kultur urin, dan dip-stick urine test.

Lebih lengkap tentang infeksi saluran kemih, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih adalah gangguan yang terjadi pada bagian kandung kemih atau uretra

Sering Buang Air Kecil? Bisa Jadi Infeksi Saluran Kemih

Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang berhasil masuk ke sistem saluran kemih dan menginfeksi bagian-bagian dari sistem tersebut. Infeksi saluran kemih pada bagian kandung kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E.Coli dari anus.