Apakah waterbirth aman?

DM Info Penanya: DM
Hai dok, saya saat ini sedang mengandung usia 5 bulan. Saya sering nonton di youtube mengenai persalinan di dalam air. Apakah itu aman dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DM,

Waterbirth adalah metode persalinan normal yang dilakukan didalam kolam berisi air. Air yang digunakan sendiri adalah air hangat yang nantinya diisikan kedalam kolam. Waterbirth sendiri dipercaya mampu mengurangi rasa sakit saat melahirkan, mempercepat proses persalinan dan bisa menghindari agar tidak perlu dilakukan pembiusan.

Syarat melakukan waterbirth

Untuk bisa melakukan waterbirth ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan seperti:

  • Berusia 17-35 tahun
  • Tidak memiliki masalah kehamilan
  • Bayi tunggal tidak kembar
  • Posisi bayi baik dan tidak sungsang
  • Usia kehamilan sudah matang antara 37-42 minggu
  • Tidak memiliki masalah kesehatan seperti infeksi ataupun masalah seperti tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi
  • Bayi juga diperkirakan dalam kondisi posisi baik, tidak besar, tidak ada masalah kontraksi atau tidak berisiko terjadi persalinan macet

Seperti tindakan persalinan lain, waterbirth juga memiliki risiko seperti bisa terjadi infeksi pada ibu dan bayi, bisa terjadi putusnya tali pusat saat persalinan sebelum bayi keluar dari air, bisa terjadi gangguan suhu tubuh bayi, bayi bisa menelan air, bisa terjadi masalah pernapasan pada bayi. Risiko ini sendiri sudah hampir jarang terjadi karena metode waterbirth juga sudah makin berkembang dan dinilai aman.

Untuk itu ada baiknya rutin melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan untuk menentukan metode persalinan yang akan digunakan nanti. Tentunya perlu disesuaikan dengan kondisi ibu dan janin. Upayakan tetap menjaga kondisi kesehatan agar kehamilan tetap sehat dan lancar sampai persalinan nanti. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus zika dapat berpindah tempat, dari aliran darah ibu, menuju plasenta

2 Rute Infeksi Virus Zika yang Bisa Bahayakan Janin Anda

Virus zika adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan bayi lahir dengan kepala yang lebih kecil dari rata-rata ukuran kepala bayi normal dan dapat menyebabkan cacat otak yang berat. Penyebab virus zika adalah gigitan nyamuk aedes dan hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi, tanpa menggunakan kondom.