30 Sep 2021, 15:02Kandungan

Apakah wanita mengidap endometriosis bisa hamil?

A
Info Penanya: A0
Dokter, teman saya divonis mengidap endometriosis. Apakah bisa hamil? Soalnya, katanya kista ini termasuk berbahaya. Apa itu benar dok? Lalu bagaimana caranya agar tetap bisa hamil meskipun ada endometriosis?
171 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ATerima kasih atas pertanyaan AndaEndometriosis adalah kondisi saat terdapat jaringan dinding rahim yang tumbuh diluar rahim, seperti pada ovarium, intestin (usus), atau bahkan pada organ lainnya di sekitar panggul. Jaringan yang tumbuh ini akan terus menebal dan namun saat terjadi siklus haid tidak ikut luruh karena terperangkap. Oleh sebab itu, akan muncul keluhan nyeri perut hebat atau bahkan mempengaruhi kesuburan wanita.

Apakah wanita menginap endometriosis bisa hamil?

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, meskipun endometriosis ini mempengaruhi kesuburan wanita, namun pada beberapa penelitian mengatakan masih ada kemungkinan untuk hamil. Namun, tentunya kondisi ini berbeda-beda setiap orang tergantung dari kondisi endometriosis yang dialaminya. 

Cara hamil pada penderita endometriosis.

Tindakan yang bisa dilakukan agar bisa hamil saat mengalami endometriosis salah satunya adalah dengan bantuan obat-obatan khusus atau bahkan dengan melalakukan tindakan bayi tabung. Untuk itu, alangkah baiknya bila Anda melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan terdekat guna untuk mengetahui kondisi kesehatan reproduksi Anda, serta mengetahui langkah apa yang bisa ditempuh agar tetap bisa hamil.Usahakan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan reproduksi wanita, hindari seks bebas, terapkan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi, konsumsi buah dan sayur, lakukan istirahat cukup dan atasi stres dengan baik.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hamilmasalah reproduksiendometriosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil