Apakah wajar hamil 25 minggu naik 15 kilogram?

M Info Penanya: M
Saya hamil 25 minggu dok trus BB saya udah naik 15 kilo. Apakah itu wajar dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Peningkatan berat badan selama kehamilan normalnya adalah 0,5 kg setiap minggunya. Peningkatan berat badan pada ibu hamil sendiri tidak hanya karena penambahan berat janin tetapi juga karena plasenta, ketuban, produksi asi pada payudara, otot rahim, peningkatan volume darah dan cairan tubuh dan juga lemak sebagai cadangan energi pada tubuh.

Penambahan berat badan sendiri masih dikatakan normal jika berat badan sebelum hamil berat badan ibu berada pada kategori kurus atau dibawah ideal, tetapi jika berat badan sebelumnya adalah ideal atau berlebih maka peningkatan berat badan 15 kilogram melebihi dari normal. Sebenarnya hal ini bisa bervariasi pada setiap individunya dimana jika peningkatan berlebihan dari normalnya perlu dilakukan pemantauan pada berat janin dan kondisi kesehatan ibu

Yang perlu diperhatikan adalah tekanan darah ibu, gejala yang timbul pada ibu seperti bengkak pada kaki atau bagian tubuh lain, kadar gula darah ibu, dan juga berat janin. Karena jika berat janin bertambah dengan drastis maka perlu dilakukan perencanaan untuk persalinannya nanti. Untuk itu periksakan diri pada dokter spesialis kandungan untuk menilai kondisi kesehatan Anda dan janin agar diberikan saran dan penanganan lebih lanjut tentunya tidak dengan tidak makan atau melewatkan waktu makan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Air es dapat membuat ibu tetap terhidrasi sehingga tidak kekurangan cairan

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es? Ini Penjelasan Medisnya

Mitos yang beredar bahwa ibu hamil tidak boleh minum es, karena dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang besar. Penjelasan medis menyatakan bahwa ibu hamil boleh mengonsumsi es agar tidak kekurangan cairan yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin.