Apakah wajar bila dada berdebar setelah bersepeda?

LI Info Penanya: LI, Wanita, 16 Tahun
Sya mau tanya, ketika seseorang setelah melakukan lari jarak jauh/bersepeda atau setelah melakukan suatu aktifitas kmd dia merasakan sangat kelelahan disertai sesak napas, bdan lemas dan jantung berdebar. Apakah itu berbahaya dan atau gejala sesuatu dokter? Mohon penjelasannya. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LI,

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengeluh dada berdebar, sesak napas, badan terasa lemas tidak bertenaga seperti :
  1. Sumbatan pembuluh darah jantung.
  2. Adanya kelainan di paru seperti infeksi paru, PPOK.
  3. Kondisi psikologis ketika sedang kaget atau mendengar berita buruk.
  4. Adanya kecemasan yang berlebihan.
  5. Aktivitas berat seperti berlari, bersepeda, olahraga angkat beban, dll.
  6. Keadaan dehidrasi.

Pada kondisi jantung berdebar, sesak napas dan perasaan lelah akibat berolahraga, maka keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang ketika sudah dalam kondisi relaks. Namun pada kondisi orang tua yang berolahraga harus diperhatikan kecepatan detak jantung maksimal yang diperbolehkan tergantung dari usianya. Karena detak jantung yang berlebihan akan membahayakan pada orang tua terutama bila disertai dengan nyeri dada.

Bila kondisi sesak napas yang dirasakan sangat berat, muncul keluhan nyeri dada, segera hentikan olahraga dan atur napas secara perlahan dan segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit. Sebisa mungkin hentikan olahraga secara perlahan bila detak jantung dirasakan sudah mulai cepat, agar jantung tidak terlalu terbebani.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat jantung bengkak tergantung dari pemicu jantung bengkaknya, bila diakibatkan oleh serangan jantung, maka obat jantung bengkak yang diberikan akan berupa obat untuk mengatasi serangan jantung

Apa Saja Obat Jantung Bengkak yang Diberikan Dokter?

Tahukah Anda bahwa jantung bengkak bisa menjadi indikasi adanya gangguan jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan sebagainya? Namun, Anda tidak perlu khawatir karena obat jantung bengkak bisa diberikan untuk mengontrol gejala jantung bengkak yang dialami.