Apakah varikokel memengaruhi ukuran penis?

RR Info Penanya: RR
Dok, Saya mengalami varikokel pada testis.. Apakah varikokel ini mempengaruhi ukuran penis saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, R

Varikokel adalah pelebaran dan pembengkakan pada pembuluh vena di testis. Hal ini menyebabkan testis menjadi membesar. Hal ini biasanya muncul di sisi kiri pada 90% pasien. 

Varikokel memengaruhi mekanisme pendinginan darah dan menciptakan suhu yang lebih tinggi di skrotum (buah zakar). Peningkatan suhu dapat menurunkan produksi sperma. Pada dasarnya varikokel tidak memiliki pengaruh pada ukuran penis, ereksi, dan pekembangan pubertas.

Sebagian besar pria dengan varikokel tidak memiliki gejala. Sebagian besar ditemukan secara kebetulan saat pemeriksaan fisik.

Terapi untuk varikokel yaitu operasi. Tujuan operasi adalah untuk menutup pembuluh vena yang terkena dan mengarahkan aliran darah ke vena agar dapat normal.

Konsultasikan ke dokter bedah, jika varikokel yang dirasakan disertai nyeri serta infertilitas (kemandulan).

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setelah melewati pengobatan intensif untuk obati kanker testis, Max Taylor kembali ke lapangan dan perkuat Manchester United.(Sumber: Instagram @maxtaylor00)

Kisah Inspiratif Pemain Muda Manchester United yang Selamat dari Kanker Testis

Setelah berhasil menjalani pengobatan untuk kanker testis yang diidapnya, pesepakbola muda asal Inggris, Max Taylor, diangkat ke skuad utama Manchester United. Seperti apa gejala dan pengobatan kanker testis?