Apakah vapor aman digunakan ?

YG Info Penanya: YG, Pria, 21 Tahun
Selamat sore dokNama saya Yohanes dokSaya ingin tanya Begini dok saya kemarin baru saja mencoba vapor setelah merokok batangan kurang lebih 9 THN ini setelah saya mencoba vapor tiba" tenggorokan terasa gatal dan batuk ringan sampai mengeluarkan lendir/dahak dok apa ini normal" saja ?Apakah vapor d perbolehkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi Y.

Rokok konvensional dengan rokok elektrik sama-sama berbahaya dan tidak bagus efek jangka panjangnya bagi tubuh meskipun rokok elektrik memiliki kandungan zat kimia yang berbahaya lebih sedikit dibanding yang konvensional.

Gejala yang Anda rasakan dapat dipicu oleh reaksi yang disebabkan oleh zat kimia yang terkandung di rokok tersebut sehingga memicu hiperksekresi sel-sel pernafasan yang menyebabkan produksi lendir meningkat dan memicu respon batuk.

Kandungan nikotin dalam rokok dapat memicu kecanduan. Dalam dosis rendah dapat menyebabkan mual, muntah, iritasi mata dan nyeri perut, sedangkan pada dosis yang tinggi dapat menyebabkan masalah jantung, kejang, koma hingga kematian. Beberapa penelitian menemukan kandungan nitrosamin dan ethylene glycol dalam rokok elektrik yang memicu kanker.

Jadi, intinya saya tidak menyarankan merokok baik rokok konvensional dan elektrik. Ingat, sehat itu mahal. Jangan mencari penyakit di kemudian hari. 

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rokok mengandung Tar, zat yang dapat menyebabkan kanker

3 Zat Beracun dalam Rokok Ini Bisa Ancam Nyawa

Rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan yang berbeda. Sebagian besarnya dapat menimbulkan racun dan kerusakan pada sel di tubuh. Ada tiga zat berbahaya dalam rokok yaitu, nikotin, tar dan karbon monoksida.