Apakah vape lebih berbahaya ketimbang rokok?

AH Info Penanya: AH, Pria
Dok apakah vape lebih berbahaya ketimbang rokok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AH

Sebetulnya vape atau rokok elektronik juga menggunakan nikotin yang diekstraksi dari tembakau, selain itu ditambah rasa dan kimia lainnya untuk menghasilkan uap cairan yang dihirup. Dalam rokok terdapat ribuan zat kimia yang sebagian besar beracun. Sedangkan pada rokok elektronik sulit dipastikan karena isi cairan zat kimianya berbeda-beda.

Kedua tipe rokok menggunakan nikotin yang membuat ketergantungan bila Anda tidak merokok. Nikotin sendiri bersifat toksik dan meningkatkan tekanan darah dan hormon tubuh sehingga detak jantung meningkat beserta resiko mengalami serangan jantung. Bedanya pada rokok elektronik masih banyak zat kimia yang belum diketahui efeknya terhadap tubuh dibandingkan rokok tradisional yang sudah diketahui zat racun dan pengaruhnya.

Rokok elektronik juga mengakibatkan kecanduan, bahkan kadar nikotin pada rokok elektronik lebih tinggi daripada produk rokok biasa. Bisa diatur dari kemasan yang dipakai dan besarnya voltase dari alatnya. Dan tanpa stigma bau rokok tradisional sehingga risiko semakin banyak orang yang sebelumnya menghindari rokok jadi menggunakan rokok elektronik. Sehingga bisa dikatakan rokok elektronik sama berbahaya atau bahkan lebih berbahaya dari rokok tembakau. Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel Tetap Berbahaya, Ini Dampak Rokok Elektrik untuk Kesehatan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tips kesehatan pria untuk hidup yang paling penting adalah memeriksa kesehatan mental

10 Tips Kesehatan Pria yang Wajib Dilakukan untuk Menghindari Penyakit

Para pria memiliki potensi besar mengidap sejumlah penyakit kronis karena gaya hidup atau gen. Untuk terhindar dari risiko berbagai penyakit, Anda dapat mengikuti berbagai tips kesehatan pria yang meliputi: melakukan berbagai variasi olahraga, memeriksa kesehatan mental, hingga cukup istirahat.