Apakah vaksin pneumonia dapat membuat tubuh kebal corona?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Hi dok, saya dengar vaksin pneumonia dapat kendalikan corona. Itu hoaks atau memang bisa ya dok? Mohon infonya ya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pneumonia merupakan suatu penyakit infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri (Streptoccocus), virus influenza, dan jamur. Untuk mencegah penyakit ini, bisa menggunakan vaksin. Vaksin pneumonia terdiri dari dua yaitu vaksin PCV13 untuk anak-anak dan vaksin PPSV23 untuk orang dewasa. Vaksin ini bisa digunakan untuk orang dewasa yang berusia 65 tahun ke atas atau usia 2-64 tahun. Vaksin ini diberikan dalam dosis tunggal atau satu kali pemberian saja. Selain itu, bisa juga menggunakan vaksin HIB (Haemophilus influenzae type B) untuk mencegah penyakit ini. Vaksin HIB sudah sering dipakai di negara ini. Hingga saat ini, vaksin pneumonia ini hanya bekerja untuk mencegah penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri dan virus influenza saja.  

Berita yang beredar saat ini mengenai vaksin pneumonia dinilai efektif untuk mencegah terjadinya infeksi virus corona adalah berita yang masih belum terbukti kebenarannya. Hingga saat ini, belum ditemukan vaskin untuk mencegah infeksi virus corona. Walaupun virus corona sama-sama menyebabkan pneumonia, tetapi berbeda penyebabnya dan penanganannya karena corona merupakan jenis virus baru. Seseorang dikatakan pneumonia akibat virus corona jika orang tersebut terinfeksi virus corona atau punya riwayat habis bepergian dari luar negeri (terutama daerah yang terjangkit). Sedangkan pneumonia yang sudah kita kenal selama ini atau yang terjadi di Indonesia, adalah pneumonia yang disebabkan karena infeksi bakteri, virus flu, dan juga jamur.

Walaupun tanpa vaksin, Anda dapat mencegah COVID-19 dengan cara:

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.
  • Makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan sistem imun.
  • Istirahat yang cukup.
  • Rajin berolahraga.
  • Konsumsi multivitamin.
  • Tidak bepergian dulu keluar negeri.
  • Mengisolasikan diri di rumah (work from home atau study from home)
  • Berhenti merokok dan tidak mengkonsusmi alkohol.
  • Jika Anda sakit, gunakan masker penutup mulut dan hidung.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Positif virus corona dapat menimbulkan gejala ringan, gejala berat, atau mungkin tidak bergejala sama sekali

Jika Anda Positif Terinfeksi Virus Corona, Apa Yang Harus Dilakukan?

Jika Anda lakukan tes coronavirus dan hasilnya menunjukkan positif virus corona, apa yang harus dilakukan? Mungkin sebagian besar orang ada yang panik dan langsung pergi menuju rumah sakit guna mengobatinya. Padahal, langkah yang dianjurkan tidak demikian.