04 Jul 2021, 21:43Gigi & Mulut

Apakah vaksin COVID bisa mempengaruhi kesehatan gigi?

E
Info Penanya: E0
Dok, banyak rumor yang bilang kalau vaksin covid bisa mempengaruhi kesehatan gigi. Apa benar, dok?
3279 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Vaksin COVID-19 adalah virus covid yang dimatikan dan dimasukkan dalam tubuh secara sengaja agar tubuh dapat mengenal partikel virus dan membentuk kekebalan sehingga saat Anda terpapar virus hidup, maka Anda akan lebih terlindungi atau jika terinfeksipun gejala yang terjadi tidak akan separah orang lain yang tidak divaksin. Melakukan vaksin tidak berarti Anda pasti tidak akan terinfeksi COVID-19 namun setidaknya, tubuh sudah lebih siap jika sewaktu-waktu Anda terpapar virus hidup.

KIPI pada vaksin covid

Vaksin ini dapat menyebabkan KIPI atau Kejadian Ikutan Paska Imunisasi. KIPI vaksin covid umumnya berupa demam, alergi (gatal dan ruam), sakit kepala, pegal pada area penyuntikan, lemas, lapar, atau mengantuk. Namun vaksin ini tidak akan memberikan pengaruh apapun pada kesehatan gigi Anda, jadi rumor tentang vaksin yang dapat menyebabkan terganggunya kesehatan gigi adalah hal yang tidak benar.

Hubungan kesehatan gigi dan vaksin

Kesehatan gigi, dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari dan juga cara kita menjaga kesehatan gigi. Jika Anda rajin menggosok gigi 2x sehari setelah makan pagi dan makan malam, tentu kesehatan gigi Anda akan lebih terjaga dibandingkan dengan orang yang tidak rutin melakukannya.Selain itu, jika memiliki masalah pada gigi misalnya gigi berlubang maupun karang gigi, Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter gigi agar dilakukan tindakan yang sesuai dan keluhan Anda dapat membaik. Kontrol ke dokter gigi dan lakukan perawatan gigi sesuai dengan keperluan Anda, hal ini  dapat dilakukan baik sebelum maupun setelah vaksin tanpa mempengaruhi efektifitas vaksin. Yang terpenting adalah vaksin harus dilakukan saat tubuh sedang sehat.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan gigisakit gigivaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil