Apakah vagina berdarah adalah gejala kanker serviks?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, Kenapa ya saat berhubungan seksual saya sering kali merasakan sakit pada vagina saya dan sering banget terdapat darah di penis atau cairan sperma suami saya. Apakah ini gejala dari kanker serviks ya Dok? Saya takut sekali karena setiap berhubungan seksual menjadi tidak nyaman. Mohon bantuannya ya Dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Munculnya darah ketika berhubungan seksual dan terasa nyeri bisa disebabkan oleh :

  1. Kondisi vagina yang kering.
  2. Polip rahim.
  3. Radang serviks.
  4. Fibroid rahim.
  5. Kanker serviks. Merupakan penyakit dimana sel kanker tumbuh di leher rahim akibat infeksi Human Papilloma Virus (HPV) yang biasanya terjadi akibat berhubungan seksual di usia yang sangat mda, atau sering berganti-ganti pasangan dan tidak menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.
  6. Myoma uteri.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pastikan sudah melakukan foreplay cukup lama ketika berhubungan seksual untuk memastikan vagina sudah siap ketika suami akan melakukan penetrasi dan hindari penetrasi yang terlalu dalam. Namun bila hal ini berlangsung setiap kali berhubungan seksual, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar bisa dilakukan USG untuk memastikan apa penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan miom dan kista hanya bisa diketahui lewat pemeriksaan medis

Ini Perbedaan Miom dan Kista yang Tak Boleh Diabaikan

Sering dianggap sama, miom dan kista sebenarnya dua kondisi yang berbeda. Penting bagi setiap wanita untuk mengenali perbedaan miom dan kista agar lebih mawas diri serta tidak terlambat ditangani.