Apakah vagina akan terasa sakit dan melar setelah melahirkan?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Hi dok, apa betul vagina akan terasa sakit dan melar setelah melahirkan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Vagina adalah organ yang sangat sensitif sehingga mudah mengalami masalah, namun di sisi lain vagina juga merupakan bagian yang lentur hingga kepala bayi saja bisa keluar melalui lubang vagina.

Adanya ketakutan vagina akan terasa sakit dan melar setelah melahirkan tentunya merupakan ketakutan yang wajar mengingat kepala bayi sangat besar bila dibanding dengan lubang vagina.

Karena sifat vagina yang elastis, maka lubang vagina akan kembali mengecil selama masa nifas. Dan tentunya adanya robekan akibat kepala bayi yang keluar akan dijahit oleh dokter kandungan atau bidan, sehingga Anda tidak perlu khawatir berlebihan.

Karena proses melahirkan secara per vaginam merupakan persalinan yang wajar dan alami, maka tentunya tidak akan menimbulkan masalah. Namun bila Anda seringkali melahirkan anak melebihi 3 anak, maka tentu saja vagina akan menjadi kurang elastis dan tentunya tidak bisa kembali seperti sedia kala ketika belum melahirkan.

Namun Anda bisa mengatasinya dengan senam kegel, meski senam kegel tidak bisa merapatkan vagina, namun memiliki manfaat lain seperti:

  • Melatih otot panggul sehingga Anda bisa menahan kencing lebih baik. Karena pada wanita yang sering melahirkan atau yang sudah berusia lanjut seringkali muncul keluhan tidak bisa menahan kencing ketika batuk.
  • Meningkatkan kepuasaan saat berhubungan seksual.
  • Mengurangi risiko rahim turun.

Selama masa nifas tentunya akan terasa sakit karena ada luka bekas kepala bayi yang keluar, namun selepas masa nifas maka organ reproduksi termasuk vagina akan kembali seperti biasanya. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda memiliki keluhan yang lain. Jangan lupa untuk rutin melakukan senam kegel.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengajuan cuti melahirkan memerlukan pertimbangan terlebih dahulu oleh karyawan wanita

Berencana Mengajukan Cuti Melahirkan? Pahami Peraturannya Dulu

Tiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing terkait cuti melahirkan. Untuk itu, pekerja wanita wajib memahami peraturannya dan berhak atas cuti melahirkan.