Apakah usia 38 tahun dapat hamil?

AA Info Penanya: AA
Knpa stiap dtng bulan cuma 3 hari awal n akhir slalu da ngevlek sdikit2,dokter apakah ini normal n apa msh bs hamil.usia saya 38tahun bulan ini baru akan menikah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Wanita mengalami menstruasi selama 3-5 hari itu merupakan hal yang wajar. Di samping itu, ada juga wanita yang mengalami menstruasi 2-7 hari, itu juga masih wajar. Saat awal menstruasi, akan muncul bercak-bercak flek yang biasanya berwarna kecoklatan. Lalu, lama kelamaan akan keluar darah. Sehabis itu, jika semua darah sudah keluar lewat vagina, maka akan diakhiri dengan bercak flek berwarna kecoklatan.

 

Usia Anda saat ini belum masuk ke fase menopause yang dimana pada fase menopause, semua fungsi organ reproduksi wanita terutama kinerja indung telur mengalami penurunan. Sehingga sulit menghasilkan sel telur dan memungkinkan untuk tidak bisa hamil. Usia menopause biasanya dimulai saat usia 40 tahun ke atas.

 

Tetapi walaupun begitu, jika Anda ingin merencanakan kehamilan, saya sarankan untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan. Karena dilihat dari usia Anda, jika Anda hamil, akan masuk dalam kelompok dengan kehamilan resiko tinggi. Kehamilan di usia 30-an dari segi fisik resiko menderita diabetes gestasional dan preeklampsia menjadi lebih tinggi. Resiko bayi mengalami kelainan kromosom juga sangat tinggi. Resiko keguguran akibat amniocentesis juga tinggi dan kemungkinan besar akan melahirkan secara caesar. Dari segi mental, akan lebih siap dan mapan untuk memiliki anak, mendapatkan cerita-cerita dari pengalaman teman, sahabat, dan keluarga yang sudah mengalaminya terlebih dahulu.

 

Salam sehat,

 

dr. Ester

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Denyut nadi yang rendah pada bayi, dapat menjadi salah satu tanda asfiksia neonatorum

Ketahui Penyebab Asfiksia Neonatorum pada Bayi

Asfiksia neonatorum terjadi ketika bayi tidak mendapatkan cukup oksigen selama proses persalinan. Asfiksia neonatorum berat dapat memicu terjadinya kelainan akibat cedera otak, atau hipoksia-iskemik ensefalopati.