12 Nov 2019, 03:15Penyakit Lainnya

Apakah tulang yang dipotong saat proses operasi dapat bertumbuh kembali ?

EB
Info Penanya: EB0
Dok, Saya mengalami kecelakan yg mengakibatkan tulang paha saya patah, tapi sudah di operasi Dok, namun tulang saya sekitar tiga centi meter di potong, akibatnya kaki saya pendek sebelah.Kira-kira secara medis bisa nga di panjangin lagi Dok..? Saya mohon jawaban nya Dokter.Trimakasi sebelumnya..
38831 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, EB.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Pemotongan tulang saat proses operasi tulang pasca fraktur (patah tulang) akibat terjadinya kecelakan atau trauma fisik mungkin dimaksudkan untuk memperbaiki dan menyelamatkan keadaan tulang yang masih baik. Umumnya terjadi karena adanya patah tulang yang tidak beraturan atau bahkan hancur sehinggga apabila tidak dilakukan pemotongan maka proses pemulihan tulang akan sulit.

Berikut beberapa tahapan proses pemulihan alami tulang pasca patah tulang :

  • peradangan, berfungsi unutk menjaga bagian-bagian tulang yang patah dan mencegah zat asing masuk ke dalam tulang
  • pembentukan kalus halus, sebagai cikal bakal jembatan penyambung tulang
  • pembentukan kalus keras, mulai terdapat pertumbuhan seperti jembatan antara tulang yang patah
  • perbaikan atau perombakan diri (remodeling), untuk memperbaiki kecacatan di berbagai sisi tulang akibat cedera  
Mengenai pertanyaan Anda. Pada dasarnya pemanjangan tulang secara signifikan akan berhenti pada usia rata-rata 18 tahun karena lempengan tulang pertumbuhan sudah menutup. Maka sebaiknya saat ini yang dilakukan adalah memaksimalkan pemulihan tulang pasca operasi tersebut.Masa pemulihan tersebut dapat dibantu dengan konsumsi makanan kaya vitamin D seperti ikan, kuning telur, jamur, susu sapi dan susu kedelai, serta sereal dan oatmeal. Tidak lupa untuk mencukupi paparan sinar matahari sebagai sumber vitamin D terbaik, tanpa berlebihan. Berikut saya sertakan artikel mengenai cara menambah tinggi badan setelah dewasa sebagai tambahan informasi.Apabila Anda masih ragu, ada baiknya Anda konsultasikan kembali kepada dokter Spesialis Ortopedi Anda.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
operasimasalah tulangpatah tulang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil