Apakah Tissu Bekas Sperma Mengenai Vagina Bisa Hamil?

AS Info Penanya: AS, Pria, 25 Tahun
Dok saya mau tanya ,, miss v terkena tissu bekas sperma apakah dapat menyebabkan kehamilan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NB,

Supaya dapat terjadi kehamilan, sel sperma harus bertemu sel telur melalui proses penetrasi ataupun pembuahan in vitro (bayi tabung). Saat penetrasi akan terjadi penyisipan penis ke dalam vagina yang dapat mempermudah bertemunya sel sperma dengan sel telur. Sel sperma yang dikeluarkan oleh penis saat sekali ejakulasi sekitar 20 juta per 1 ml air mani. Sel-sel sperma tersebut harus bergerak aktif menuju ke sel telur yang sudah dikeluarkan oleh kandung telur (ovarium) pada masa subur.

Jika sperma terdapat pada tissue dan hanya ditempelkan ke vagina maka kemungkinan terjadi kehamilan sangat kecil karena sperma tersebut harus aktif bergerak hingga bertemu sel telur dengan begitu banyak faktor penyulit, seperti udara luar, jauhnya jarak yang ditempuh sperma untuk bertemu sel telur, adanya lendir vagina dan leher rahim yang berperan sebagai barier pertahanan tubuh normal. Terlebih lagi jika pasangan Anda tidak dalam keadaan masa subur. Maka akan semakin kecil kemungkinan untuk terjadi kehamilan.

Untuk mengetahui masa subur seorang wanita dengan siklus haid yang teratur sangatlah mudah. Masa subur dapat dihitung sekitar 12 - 16 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Misalkan seorang wanita haid terakhir tanggal 15 Oktober dengan siklus haidnya berjumah 30 hari. Maka perkiraan haid selanjutnya adalah tanggal 14 November. Maka masa subur wanita tersebut adalah antara tanggal 29 Oktober - 2 November.

Jika memang Anda dan pasangan ingin memulai perencanaan kehamilan, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan Anda untuk mengetahui persiapan yang dapat dilakukan. Dan berikut ini saya lampirkan artikel yang dapat menambah wawasan Anda : Mengetahui Masa Subur, Tips Meningkatkan Kesuburan, dan Kesuburan Pria. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Indirasthi Dwi Astari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab stretch mark pada ibu hamil adalah peningkatan berat badan dan menimbulkan rasa gatal

Kenali Penyebab Stretch Mark Berikut Ini pada Ibu Hamil

Meski tidak berbahaya untuk ibu maupun bayi di dalam kandungan, munculnya stretch mark pada ibu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman akibat rasa gatal. Timbunya stretch mark saat hamil dapat disebabkan oleh peningkatan berat badan yang wajar dialami oleh ibu hamil.