Apakah tipes dapat menular dari makanan?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
siang dokter, anak saya sekarang ini lagi kena tipes. apakah tipes memang menyebar karena suka makan sembarangan? karena anak saya tipenya suka jajan sembarangan dan ini sudah kedua kalinya kena tipes
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda do SehatQ.

Tipes atau Demam Tifoid merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi yang menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Faktor resikonya adalah sanitasi yang buruk, tidak mencuci tangan sebelum makan atau kurang bersih dalam mencuci makanan.

Gejala yang muncul adala demam yang meningkat, kehilangan nafsu makan, gangguan saluran pencernaan diare atau konstipasi, lidah putih atau lidah kotor. Dan jika tidak segera ditangani dapat terjadi komplikasi seperti perdarahan internal.

Diagnosis tifoid dapat dilakukan dengan menganalisis sampel darah dan tinja. Selain itu diagnosis tifoid yang tergolong akurat bisa dilakukan melalui aspirasi sumsum tulang, meskipun cara tersebut jarang dilakukan. Pengobatan yang di berikan adalah simptomatik (sesuai dengan gejala) dan antibiotik dengan anjuran dokter.

Pencegahan tifoid bisa dengan menggunakan vaksinasi, memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang Anda konsumsi, hindari makan di tempat yang terbuka dan mudah terpapar bakteri. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk menentukan penanganan lebih lanjut dari kondisi Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum obat sembarangan bisa picu resistensi antibiotik sehingga penyakit semakin sulit disembuhkan

Minum Obat Sembarangan Bisa Picu Resistensi Antibiotik

Mengonsumsi antibiotik saat sakit memang bermanfaat, asalkan sesuai dengan rekomendasi dokter. Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan aturan minum antibiotik. Akibatnya, muncul resistensi antibiotik yang membuat bakteri penyebab penyakit, semakin sulit untuk dibasmi