Apakah tinggal dekat menara listrik bisa mempengaruhi kehamilan?

LD Info Penanya: LD, Wanita
Dok Apakah Diam Di bawah SUTET akan mempengaruhi kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, LD.

Efek dari tinggal dekat menara listrik terhadap kehamilan masih sedikit hasil penelitiannya. Hanya sedikit bukti yang menyatakan bertempat tinggal dekat dengan area menara listrik bisa mempengaruhi janin. Terutama kelainan pada saluran pencernaan di daerah kerongkongan. Namun masih perlu dicermati lebih lanjut karena ada perbedaan jarak tempat tinggal dan terbatasnya informasi berapa lama tinggal di lingkungan tersebut. Sehingga tidak bisa dipastikan apakah gelombang elektromagnetik dari menara listrik tersebut yang mengakibatkan kelainan.

Ada juga penelitian yang menunjukkan efek gelombang elektromagnet dapat mengakibatkan peningkatan risiko keguguran sampai 3x dari populasi normal. Namun penelitian itu juga masih memerlukan penelitian lanjutan untuk mengkonfirmasi hasilnya. Karena gelombang elektromagnet yang diukur berasal dari semua alat listrik termasuk peralatan listrik di rumah dan smartphone. Bukan dari menara listrik atau kabel listrik biasa.

Sebaiknya Anda memeriksakan kandungan secara rutin dan teratur dengan Dokter Kandungan Anda sehingga bila ada gangguan pada janin bisa diketahui secara dini. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai mitos kesehatan yang masih umum dipercaya, seperti takaran air putih, obat detoks, hingga penyebab pilek

Beberapa Mitos Kesehatan Ini Sama Sekali tidak Bisa Anda Percaya

Minum air harus 8 gelas sehari? Ternyata itu isapan jempol belaka. Anda juga masih percaya dengan produk-produk detoks, yang sayangnya belum terbukti kebenarannya. Ada beberapa mitos kesehatan lain, yang mungkin masih Anda dan keluarga yakini hingga sekarang.