Apakah tinggal dekat menara listrik bisa mempengaruhi kehamilan?

LD Info Penanya: LD, Wanita
Dok Apakah Diam Di bawah SUTET akan mempengaruhi kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, LD.

Efek dari tinggal dekat menara listrik terhadap kehamilan masih sedikit hasil penelitiannya. Hanya sedikit bukti yang menyatakan bertempat tinggal dekat dengan area menara listrik bisa mempengaruhi janin. Terutama kelainan pada saluran pencernaan di daerah kerongkongan. Namun masih perlu dicermati lebih lanjut karena ada perbedaan jarak tempat tinggal dan terbatasnya informasi berapa lama tinggal di lingkungan tersebut. Sehingga tidak bisa dipastikan apakah gelombang elektromagnetik dari menara listrik tersebut yang mengakibatkan kelainan.

Ada juga penelitian yang menunjukkan efek gelombang elektromagnet dapat mengakibatkan peningkatan risiko keguguran sampai 3x dari populasi normal. Namun penelitian itu juga masih memerlukan penelitian lanjutan untuk mengkonfirmasi hasilnya. Karena gelombang elektromagnet yang diukur berasal dari semua alat listrik termasuk peralatan listrik di rumah dan smartphone. Bukan dari menara listrik atau kabel listrik biasa.

Sebaiknya Anda memeriksakan kandungan secara rutin dan teratur dengan Dokter Kandungan Anda sehingga bila ada gangguan pada janin bisa diketahui secara dini. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Naiknya berat badan, membuat nyeri sendi pada ibu hamil menjadi kondisi yang sering terjadi

5 Cara Mengatasi Nyeri Sendi pada Ibu Hamil Secara Alami

Nyeri sendi pada ibu hamil adalah hal yang biasa terjadi. Namun, tentu kondisi ini sangatlah mengganggu dan menghambat kegiatan sehari-hari. Beruntung terdapat berbagai cara untuk mengatasinya baik secara alami maupun dengan obat-obatan.