15 Jun 2020, 13:19Kulit & Kelamin

Apakah tindakan yang dilakukan untuk jerawat?

MN
Info Penanya: MN0
Selamat siang dok, sudah 2 bulan terakhir saya berjerawat. Jerawat yang muncul cukup banyak dan kalau dipencet keluar nanah. Saya sudah mencoba beberapa produk dari onlineshop untuk perawatan kulit namun tidak membaik. Apakah yang sebaiknya saya lakukan?
13230 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, MNTerima kasih atas pertanyaan Anda.Wajah yang mulus dan bersih tanpa noda ataupun jerawat adalah idaman setiap orang tidak hanya bagi wanita, namun juga bagi pria. Jerawat adalah suatu peradangan yang terjadi pada folikel rambut di kulit. Selain pada wajah, pada beberapa orang jerawat bisa  muncul pada dada, punggung, bahkan pada bahu dan juga leher. Jerawat bisa terjadi pada segalamacam usia, namun, biasanya jerawat muncul pada usia remaja dan juga dewasa muda. Penyebab dari jerawat ini bermancam-macam. 

Adapun faktor penyebab jerawat tersebut adalah:

  • Adanya sumbatan pada folikel rambut
  • Adanya aktivitas bakteri berlebih sehingga menyebabkan infeksi
  • Adanya masalah hormon
  • Adanya produksi minyak yang berlebihan
  • Stres
  • Pola makan
  • Efek samping dari obbat-obatan
Terkait dengan jerawat yng muncul pada wajah Anda, tindakan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari memencet atau menyentuh jerawat karena dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko infeksi, jaga kebersihan area wajah, gunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, cuci wajah setidaknya 2-3 kali dalam sehari, ganti sarung bantal 2-3 kali dalam seminggu, konsumsi makanan bergizi seimbang, memperbanyak konsumsu sayur dan buah, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, dan hindari menggunakan produk perawatan wajah tanpa melakukan konsultasi dengan dokter.Sebaiknya, segera periksakan ke dokter spesialis kulit terdekat. Agar anda mendapatkan terapi yang bisa berupa obat oles, obat minum, antibiotika (bila diperlukan), tindakan medis tertentu. Jenis pengobatan dan tindakan yang akan dilakukan tergantung dengan kodnisi Anda saat dilakukan pemeriksaan.Semoga bermanfaat, Salam sehat, dr. Dian 
perawatan kulitjerawatpengobatan jerawat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil