Apakah tifus bisa menaikkan SGOT dan SGPT 4x dari batas normal?

L Info Penanya: L, Wanita, 27 Tahun
hallo dok, saya mau tanya apa penyakit tifus bisa menaikan SGOT dan SGPT 4 kali dari batas normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, LL

Terima kasih atas pertanyaannya.

Infeksi tifus adalah infeksi di saluran pencernaan yang disebabkan bakteri Salmonella typhii. Seringkali infeksi tifus mempengaruhi organ lain di saluran cerna sehingga timbul mual, konstipasi atau diare. Salah satu organ pencernaan adalah liver. Dan memang infeksi tifus seringkali mengakibatkan pembengkakan dari hati. Walaupun terjadi pembengkakan hati tapi jarang mengakibatkan gejala dari radang hati (hepatitis) seperti kulit kuning. 

Dengan diobatinya infeksi tifus, organ hati akan pulih seperti semula. Begitu juga dengan tanda enzim hati SGOT dan SGPT akan kembali normal.  Sementara untuk mengurangi kerja hati anda perlu mengurangi makanan berlemak dan berminyak. Karena lemak banyak dipecah di hati. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus hepatitis A dapat menyebabkan peradangan dan mempengaruhi fungsi hati seseorang

Pacitan KLB Hepatitis A, Kenali Gejala dan Cara Penularan Penyakit Ini

Hepatitis A adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang sangat menular. Virus ini bisa menyebabkan peradangan dan mempengaruhi fungsi hati seseorang. Kenali gejala hepatitis A seperti kulit dan mata menguning, nyeri hati, mual, muntah, dan demam.