Apakah tidak memakan nasi berdampak negatif dengan kehamilan?

SY Info Penanya: SY
Halo dok, apakah tidak memakan nasi sama sekali berbulan-bulan bisa berdampak negatif dengan kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SY

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nasi adalah sumber karbohidrat, karbohidrat sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi Anda dan bisa mempengaruhi berat badannya. Berat badan pada janin, berbanding lurus dengan perkembangannya. Perkembangan otak, tulang, organ dan sel tubuh yang lain. Begitu juga setelah lahir masih harus terus dimonitor berat badannya. Jadi bila Anda tidak makan nasi sebaiknya makan sumber karbohidrat lain untuk memastikan nutrisi yang dibutuhkan bayi dan Anda terjaga.

Jangan menggantikan karbohidrat dengan lemak, asupan serat, buah atau sayuran juga harus dijaga. Terutama mineral kalsium dan asam folat. Kalori karbohidrat dibandingkan dengan lemak, sebetulnya lebih rendah. Jika dibandingkan dengan gram yang sama, karbohidrat lebih tidak membuat gemuk. Jangan juga memakan protein berlebihan karena efek sampingnya dari bau mulut, kelelahan sampai dengan batu ginjal. 

Jika tidak makan nasi harus diganti dengan sumber lain seperti gandum atau kentang. Sebetulnya nasi sangat bermanfaat sebagai sumber energi, serat, kalsium, zat besi dan vitamin B yang semuanya penting selama kehamilan. Jangan mengganti nasi dengan gula, karena walaupun sumber karbohidrat, namun nutrisinya tidak sama. Atau memakan kue, karena lemak jenuhnya tinggi. Selama kehamilan pertambahan berat badan berlebihan juga tidak dianjurkan.

Pastikan Anda diskusi dengan Dokter Kandungan Anda sekalian untuk memastikan perkembangan bayi Anda secara rutin.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pastikan suhu kolam renang setidaknya 32 derajat Celcius jika bayi Anda berusia di bawah 3 bulan

5 Persiapan untuk Mengajak Bayi Renang

Berenang memiliki banyak manfaat untuk bayi, salah satunya membuat tubuhnya menjadi terlatih. Namun, Anda harus mengetahui beberapa tips renang bersama bayi agar nyaman dan aman.