Apakah testpack yang samar dan pemeriksaan USG dengan hasil penebalan dinding rahim adalah tanda kehamilan ?

YJ Info Penanya: YJ, Wanita
siang dok, saya dola ingin konsultasi tentang kandungansaya terakhir haid tgl 12 oct. lalu 3 hari lalu saya coba tespek dan ternyata hasilnya 2 garis hanya 1 lagi sedikit samar, lalu say USH, dokter bilang kantong kehamilan blm terlihat hanya saja ada pembesaran rahim dan penebalan dingding tengah rahim, apakah ini mengganggu kehamilan dok dan apakah saya hamil dok ? dan apa yg harus saya lakukan. thankss.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YJDS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penebalan dinding rahim merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi pada wanita dengan berbagai faktor penyebab. Pada prinsipnya penebalan dinding rahim terjadi akibat ketidakseimbangan aktivitas hormon reproduksi, terutama hormon estrogen dan progesteron. 

Berikut beberapa faktor yang dapat memicu penebalan dinding rahim :
  • Menjelang menstruasi dan masa ovulasi
  • Kondisi medis / penyakit tertentu 
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal
  • Kehamilan

Mengenai pertanyaan Anda, penebalan dinding rahim yang ditemukan pada pemeriksaan USG disertai hasil test pack positif samar dapat memiliki berbagai kemungkinan, antara lain :

  • Memang terjadi kehamilan, dan hasil test pack yang samar serta kantong kehamilan yang belum terlihat karena pemeriksaan dilakukan terlalu dini
  • Terjadinya hasil test pack positif palsu, karena kondisi tertentu seperti kehamilan diluar kandungan atau yang disebut dengan kehamilan ektopik
  • Penebalan dinding rahim yang disebabkan oleh kondisi medis lain, umumnya penebalan yang disebabkan oleh penyakit pada alat reproduksi yang merupakan keadaan abnormal dan dapat mengganggu kehamilan, namun pada sebagian kasus keadaan penebalan dinding rahim tersebut dapat juga menghilang dengan sendirinya

Untuk memastikan hal tersebut, sebaiknya Anda memeriksakan diri lagi kepada dokter Spesialis Kandungan yang sebelumnya telah memeriksa keadaan Anda, pada satu bulan kedepan, agar hasil pemeriksaan dapat lebih akurat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebutuhan nutrisi ibu hamil harus diperhatikan demi sang buah hati

Bumil Tak Perlu Risau, Ini Daftar Makanan Pengganti Susu untuk Ibu Hamil

Salah satu fakta melegakan untuk mereka yang tak suka susu: ibu hamil tidak wajib konsumsi susu hamil. Banyak alternatif pengganti susu untuk ibu hamil yang berasal dari makanan.