Apakah Tes Bakteri Helicobacter Pylori dan seriuskah penyakit yang ditimbulkan?

PA Info Penanya: PA, Pria, 33 Tahun
Dok anak saya perempuan umur 13 th habis tes lgm Heliccobacter Pylori dan hasilny (posittif:131,85) dan nilai rujukkan negatif:<40 positif:>40 satuan: U/mL metode:mikroelisa Yang mau saya tanyakan apa arti hasil tesnya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam PA,

Helicobacter pylori adalah sejenis bakteri yang mampu hidup di lambung dan usus bagian atas atau yang dikenal dengan usus dua belas jari. Kemampuan bakteri ini luar biasa dimana bakteri ini mampu menyembunyikan diri dari sistem kekebalan tubuh dan mampu mengeluarkan enzim yang mampu mengubah tingkat keasaman lambung berkurang.

Infeksi Helicobacter pylori Pada tahap awal biasanya menimbulkan gejala seperti sakit perut, sering bersendawa, berat badan turun drastis padahal tidak sedang diet ataupun tidak mempunya penyakit diabetes. Selain itu pada tahap berat  infeksi Helicobacter pylori mampu membuat perforasi atau radang kronis sehingga membuat luka berlubang baik pada lambung atau usus. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala seperti 

  1. Jagalah kebersihan baik makanan dan minuman Anda karena bakteri ini masuk ke tubuh manusia dari oral (mulut), sehingga bila Anda penyuka makanan mentah sebaiknya lebih waspada lagi.
  2. Jangan membeli ataupun minum antibiotik sembarangan tanpa anjuran dari dokter agar gejala atau penyakit menjadi lebih berat.
  3. Hindari dulu makanan pedas, bersantan dan minuman mengandung kafein atau kopi agar memberikan waktu istirahat bagi lambung Anda.

Berikut ini saya sertakan artikel mengenai bahaya kah helicobacter pylori.

Segeralah konsultasikan dengan dokter Anda agar mendapat penanganan lebih lanjut terlebih sudah melakukan tes Helicobacter pylori. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda. 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pola makan yang buruk dapat memicu terjadinya sakit ulu hati

Sakit Ulu Hati Bisa Disebabkan Penyakit dan Gaya Hidup

Sakit ulu hati adalah suatu keadaan tidak nyaman di daerah antara bagian bawah tulang dada dan pusar. Penyebabnya adalah penyakit, obat dan akibat gaya hidup.