Apakah tertawa dapat mencegah terinfeksi corona?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, apa betul banyak tertawa bisa menghindari saya terinfeksi corona? Karena jujur saja dengan adanya corona ini saya sering merasa cemas dan tidak bisa tidur memikirkan informasinya yang simpang siur.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Coronavirus adalah golongan virus yang menyebabkan gejala pada sistem pernapasan. Tahun 2019 kemarin, ditemukan jenis baru Coronavirus yang bernama SARS-CoV-2, yang menyebabkan penyakit COVID-19 dan menjadi pandemi saat ini. Penyakit ini sudah menyebar ke negara-negara di dunia, termasuk Indonesia.

Sedangkan tertawa adalah salah satu ekspresi untuk menunjukkan rasa senang. Ketika seseorang tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang memicu kebahagiaan, dan menurunkan hormon kortisol yang memicu stres. Kondisi pikiran yang bahagia mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mengurangi risiko terserang penyakit.

Terkait pertanyaan Anda, sistem kekebalan tubuh yang kuat mampu membuat tubuh menghalau virus, bakteri, alergen, atau benda asing lain yang masuk. Tetapi, selain tertawa dan bahagia, Anda juga harus melakukan hal-hal lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Misalnya, mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, berolahraga secara rutin, dan tidak begadang.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum makan dan setelah menyentuh benda-benda publik. Tetaplah di rumah sampai pandemi ini terkendali. Apabila terpaksa ke luar rumah, jangan lupa gunakan masker kain, ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab payudara nyeri tidak selalu kanker

Bukan Selalu Kanker, Ini 5 Penyebab Umum Payudara Nyeri

Nyeri pada payudara dapat membuat Anda berpikir tengah mengidap penyakit mematikan. Padahal, penyebab umum payudara nyeri tidak selalu kanker.