Apakah terong belanda bisa turunkan kolesterol?

SL Info Penanya: SL
Malam dok, bener nggak sih kalau terong belanda itu bisa menurunkan kolesterol? Jika ya, lebih baik dimakan secara utuh atau dijus ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Terong belanda adalah salah satu jenis buah yang sudah tidak asing lagi dan cukup mudah di temukan di Indonesia. Di luar negeri buah ini sering kali dikelnal dengan sebutan Tamarillo. Terong belanda mempunyai kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi, oleh karena itu banyak sekali manfaat dari buah yang memiliki warna merah dan kuning ini. 

Adapun manfaat dari terong belanda adalah:

  • Dapat membantu mengurangi sebelit (konstipasi)
  • Dapat mencegah kanker
  • Dapat mencegah penyakit diabetes mellitus
  • Dapat mempertajam penglihatan
  • Dapat menjaga metabolisme tubuh
  • Dapat mencegah darah tinggi (hipertensi)
  • Dapat membantu menurunkan berat badan
  • Dapat mengatasi adanya masalah pada sistem pencernaan
  • Dapat meningkatkan sistemm kekebalan tubuh

Pastikan anda meilih terong belanda yang segar dengan warna yang terang dan tidak terdapat kerusakan pada kulitnya. Kupas terlebih dahulu buah terong belanda kemudian cuci lah dengan ari bersih. Setelah itu, buah terong belanda bisa langsung dikonsumsi ataupun bisa dijadikan sebagai pelengkap makanan (topping), atau bahkan dengan di jus, di panggang dan lain sebagainya.

Selain itu, pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, perbanyak sayur dan buah-buahan, serta jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. 

Walaupun terdapat banyak manfaatnya, konsumsilah  terong belanda secukupnya dan tidak berlebihan, konsultasikan dengan dokter terdekat bila terdapat keluhan terkait dengan kesehatan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak manfaat manggis untuk ibu hamil

Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil yang Sayang Dilewatkan

Manfaat manggis untuk ibu hamil cukup banyak, mulai dari menyehatkan pencernaan hingga mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan. Bukan cuma itu saja, masih banyak manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui lewat artikel ini.