Apakah pilek dan tenggorokan sakit termasuk gejala infeksi Covid-19?

RN Info Penanya: RN, Wanita, 21 Tahun
Dok, saya ingin bertanya apakah badan terasa pegal dan linu linu serta mengalami pilek dan tenggorokan sakit sudah selama 4 hari termasuk gejala virus Corona?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RN,

Infeksi COVID-19 memiliki gejala yang beragam mulai dari gejala ringan seperti batuk, demam, nyeri tenggorokan, pilek ataupun bisa gejala yang lebih berat seperti sesak ataupun sampai terjadinya kegagalan napas yang bisa membahayakan nyawa, selain itu saat ini juga bisa terinfeksi virus corona tanpa menunjukkan gejala apa-apa.

Penyebab lain sakit tenggorokan dan pilek

Meskipun demikian, tidak selalu gejala sakit tenggorokan dan pilek adalah merupakan infeksi virus corona, karena gejala pilek dan sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh penyebab lain seperti:

  • Infeksi saluran napas karena infeksi virus lain
  • Infeksi saluran napas karena infeksi bakteri
  • Radang tenggorokan
  • Radang amandel
  • Iritasi tenggorokan karena asam lambung
  • Common cold

Untuk itu tidak perlu terlalu cemas tetapi tetap waspada dan lakukan upaya penanganan dengan mengonsumsi obat flu yang mengandung parasetamol dan obat antihistamin seperti chlorpheniramine maleat untuk mengatasi gejala yang timbul.

Usahakan untuk lebih banyak beristirahat, minum air putih lebih banyak, konsumsi makanan yang bergizi, tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin seperti vitamin C, serta hindari kurang tidur.

Jaga kebersihan diri dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan lebih sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut jika belum mencuci tangan.

Lakukan juga pembatasan fisik dan pembatasan sosial, gunakan masker dan terapkan etika batuk dan bersin yang baik serta bisa lakukan karantina mandiri selama 14 hari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stimuno adalah peningkat daya tahan tubuh alami yang terbuat dari ekstrak meniran

Cegah Infeksi Virus dengan Stimuno, Imunomodulator Alami dari Meniran

Stimuno bisa membantu Anda sekeluarga terhindar dari infeksi virus corona maupun virus lain yang sering mengintai sehari-hari. Dibuat dari ekstrak meniran, Stimuno adalah satu-satunya suplemen herbal yang khasiatnya sudah teruji klinis pada manusia.